Advertisement

Pilkada Sleman: Parpol Mulai Pasang Kuda-Kuda

Hafit Yudi Suprobo
Selasa, 09 Juli 2019 - 22:47 WIB
Budi Cahyana
Pilkada Sleman: Parpol Mulai Pasang Kuda-Kuda Ilustrasi kotak suara - Antara/Siswowidodo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sejumlah partai politik di Sleman sudah mempersiapkan diri menghadapi Pilkada 2020.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Sleman, Arif Kurniawan mengaku partainya terus melakukan komunikasi dengan sejumlah pihak, tak terkecuali dengan sejumlah partai politik lain. Komunikasi itu dilakukan terkait dengan penggodokan keputusan nantinya PAN akan mengusung calon sendiri atau harus berkoalisi dengan partai politik lain.

Advertisement

“Namun sejauh ini komunikasi yang kami lakukan sebatas komunikasi informal. Belum ada komunikasi resmi. Selain itu, soal PAN akan mengusung sendiri atau berkoalisi masih akan dirapatkan lagi secara internal,” kata dia, Selasa (9/7/2019).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Sleman Koeswanto mengaku juga tengah mencari kader yang akan dicalonkan melalui serangkaian proses penjaringan.

Jika berkaca pada pemilihan di tahun-tahun sebelumnya, kata dia, partainya telah menggelar serangkaian pertemuan atau rapat dengan calon anggota legisalatif (caleg), baik caleg yang terpilih maupun yang tidak terpilih. “Sejak awal, saya tegaskan untuk tidak terlena dengan kemenangan. Jangan sampai terjadi seperti saat 1999, di mana periode berikutnya [perolehan suara] kami malah turun, itu pengalaman untuk pelajaran bagi kami," ucap Koeswanto.

Sementara terkait dengan rencana penerapan e-rekapitulasi dalam pelaksanaan Pilkada 2020, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman mengaku masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari KPU RI. Hal itu berkaca dari evaluasi rekapitulasi di Pemilu 2019 lalu yang banyak menimbulkan korban.

Ketua KPU Kabupaten Sleman, Trapsi Haryadi dalam Pemilu 2019, proses rekapitulasi masih dilakukan secara berjenjang, mulai dari tempat pemungutan suara (TPS) lalu ke kecamatan dan kabupaten/kota.

Soal efisiensi dari sistem e-rekapitulasi yang sudah digaungkan oleh KPU RI, Trapsi mengatakan hal itu pun masih dikaji lebih lanjut oleh KPU RI.

"Pada prinsipnya, KPU Sleman akan melaksanakan pelaksanaan Pilkada 2020 sesuai dengan arahan dari Peraturan KPU [PKPU]," ujarnya. (Hafit Yudi Suprobo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement