Advertisement

Kurangi Kawasan Kumuh, Gunungkidul Bangun IPAL Komunal di 4 Desa

Rahmat Jiwandono
Senin, 15 Juli 2019 - 20:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Kurangi Kawasan Kumuh, Gunungkidul Bangun IPAL Komunal di 4 Desa Ilustrasi fasilitas IPAL. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Guna mengurangi wilayah kumuh, Pemkab Gunungkidul bakal membangun instalansi pengolahan air limbah (IPAL) komunal di empat desa. Empat desa yang menjadi sasaran program masing-masing Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk; Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari; Desa Karangtengah, Kecamatan Wonosari dan Desa Karangmojo, Kecamatan Karangmojo.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Agus Subariyanta, mengatakan empat lokasi dipilih dalam program pembangunan IPAL karena di wilayah tersebut masih ada kawasan kumuh. "Pembangunan IPAL menjadi bagian dari program kebersihan," ujarnya kepada Harian Jogja, Senin (15/7/2019).

Advertisement

Menurut dia, pembangunan IPAL di empat desa yang tersebar di empat kecamatan tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK). IPAL di empat desa tersebut polanya swakelola. "Kami hanya menyediakan bahannya, yang mengerjakan IPAL masyarakat sekitar," tuturnya.

Agus menyatakan anggaran yang diperlukan untuk membuat sebuah instalasi IPAL sekitar Rp134 juta. Adapun kendala yang ditemui dalam membuat IPAL komunal ialah ketersediaan lahan. Masyarakat sudah mempunyai sambungan rumah (SR) tetapi perlu tempat pembuangan IPAL komunal yang terpadu. "Lokasi bak IPAL komunal biasanya berasal dari tanah wakaf, hibah, atau tanah kas desa," kata dia.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Gunungkidul, Aris Suryanto, mengungkapkan pembuatan IPAL memanfaatkan gaya gravitasi yakni mengalirkan limbah dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. "Seperti prinsip air," ucapnya.

Terkait dengan pengurangan kawasan kumuh dengan membangun IPAL, Aris menyatakan dalam jangka panjang sebuah IPAL komunal akan melebihi kapasitas daya tampung. Dengan demikian, solusi yang dapat dilakukan oleh masyarakat ialah membangun IPAL secara swadaya. "Pemerintah sifatnya hanya memberi stimulan jadi perlu dukungan dari masyarakat juga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement