Advertisement

Musim Panen Ini, Harga Cengkih Rendah

Fahmi Ahmad Burhan
Selasa, 16 Juli 2019 - 07:07 WIB
Nina Atmasari
Musim Panen Ini, Harga Cengkih Rendah Cengkih hasil panenan petani di Dusun Sibolong, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo sedang dikeringkan pada Senin (15/7/2019). - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Petani cengkih di Pegunungan Menoreh menganggap harga cengkih di tahun ini turun dibanding tahun-tahun sebelumnya. Petani tidak bisa berkutik, karena harga sudah ditentukan pasar.

Salah satu petani cengkih di Dusun Sibolong, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Sunarno mengatakan, ia sudah mulai memanen cengkihnya dari Awal Mei lalu. Pada awal panen harga cengkih basah sampai Rp23.000 per kilogram, sedangkan untuk cengkih kering sampai Rp70.000 per kilogram.

Advertisement

"Setelah lebaran kemarin harga turun sedikit jadi Rp20.000 per kilogram. Kalau dibanding tahun-tahun sebelumnya, yang panenan ini kurang bagus, dulu bisa sampai Rp30.000 per kilogram," jelas Sunarno pada Senin (15/7/2019).

Adapun harga cengkih kering bisa hampir Rp100.000 per kilogram di tahun-tahun sebelumnya.

Sunarno mengatakan, cengkih dari Kulonprogo yang banyak ditanam di Pegunungan Menoreh kebanyakan dijual ke Purworejo. "Sudah dari sananya [pasar Purworejo] dihargai segitu. Mungkin karena tahun ini banyak yang panenan juga," ujar Sunarno.

Ia biasa mengirim hasil panenan cengkih ke Purworejo sepekan sekali. Dalam sepekannya, ia biasa menjual cengkih sampai 4 kuintal. Panenan cengkih di Pegunungan Menoreh diperkirakan bertahan sampai Agustus.

Musim kemarau yang panjang dianggap sangat bagus bagi hasil panenan cengkih. Karena waktu panen cengkih cukup lama maka biasanya petani menyelingi dengan tanaman lainnya.

"Diselingi sama pohon sengon yang bisa panennya cukup singkat," ujar peta lainnya di Dusun Prangkokan, Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Wakinem.

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Pangan Kulonprogo, pada 2018, terdapat 1.910 hektar lahan yang ditanami cengkih. Pohon cengkih di Kulonprogo menyebar ke beberapa kecamatan yang masuk pada Kaki Pegunungan Menoreh, diantaranya Kecamatan Girimulyo, Samigaluh, Kokap, Kalibawang, juga sebagian Pengasih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement