Advertisement

GBPH Cakraningrat Wafat, Romo Tirun: Beliau Adalah Orang yang Low Profile

Abdul Hamied Razak
Senin, 22 Juli 2019 - 14:07 WIB
Arief Junianto
GBPH Cakraningrat Wafat, Romo Tirun: Beliau Adalah Orang yang Low Profile Detik-detik jenazah GBPH Cakraningrat tiba di rumah duka, Senin (22/7/2019) sekitar pukul 12.15 WIB. - Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Salah seorang putra Sultan Hamengku Buwono IX, GBPH Cakraningrat  atau yang bernama RM Prasasto wafat pada Minggu (21/7) pukul 20.38 di Rumah Sakit Abdi Waluyo Menteng, Jakarta Pusat. Oleh kerabat Kraton, almarhum dikenal sebagai sosok yang low profile dan kukuh dalam mempertahankan paugeran.

Penghageng Tepas Dwarapura Kraton Ngayogyakarta KRT Jatiningrat mengatakan almarhum merupakan sosok yang low profile. Dalam struktur Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, almarhum tercatat sebagai pejabat yang mengurus penggunaan Dana Keistimewaan. "Orangnya low profile, beliau salah satu orang yang mempertahankan masalah paugeran," kata pria yang dikenal sebagai Romo Tirun itu.

Advertisement

Dari pantauan Harian Jogja, para pelayat sudah memadati kediaman almarhum sejak Senin pagi. Rangkaian bunga ucapan belasungkawa pun berjajar di sisi barat Alun-Alun Selatan. 

Jenazah GBPH Cakraningrat tiba di rumah duka sekitar pukul 12.15 WIB menggunakan ambulans jenazah bernopol B 1356 Q. Jenazah disemayamkan lebih dulu di Ndalem Prabukusuman untuk memberikan kesempatan kepada para pelayat memberikan penghormatan terakhir. Sebagian pelayat yang datang turut menyalatkan almarhum.

Pukul 13.30 WIB, jenazah almarhum diberangkatkan ke Masjid Agung Kauman untuk disalatkan pada pukul 14.00 WIB. Seusai disalatkan, jenazah kemudian diberangkatkan ke Makam Keluarga di Kotagede, Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement