Bakal Dihadiri Ribuan Orang, AMM Ngampilan Jogja Gelar Karnaval Takbir

Panitia Karnaval Takbir Jogja 6 berfoto bersama Redaktur Harian Jogja, Arief Junianto di Kantor Harian Jogja, Rabu (7/8/2019). - Harian Jogja/Sunartono.
07 Agustus 2019 18:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJAAngkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Ngampilan, Kota Jogja akan menggelar Karnaval Takbir Jogja #6 pada Sabtu (10/8/2019). Kegiatan pawai takbir keliling yang melewati sejumlah titik jantung Kota Jogja itu diprediksi akan dihadiri ribuan orang.

Panitia Bidang Publikasi Karnaval Takbir Jogja #6 Dewi Nur Alifah menjelaskan kegiatan itu merupakan rutin tahunan setiap jelang malam Idul Adha. Kegiatan itu bertujuan untuk menyemarakkan malam takbiran Idul Adha di Kota Jogja sekaligus menjalin ukhuwah antar masyarakat.  

“Peserta setiap kontingen antara 50 hingga 90 orang baik anak maupun dewasa, total kami menerima 14 kontingen dari perwakilan seluruh DIY,” terangnya saat berkunjung ke Kantor Harian Jogja, Rabu (7/8/2019).

Dewi memperkirakan, selain dari peserta, pawai itu kemungkinan akan dihadiri ribuan penonton, mengingat rute yang dilalui tidak jauh dari kawasan Malioboro. Para peserta karnaval itu akan melewati Jalan Wahid Hasyim, jalan Agus Salin, Jalan KS. Tubun dan di Taman Parkir Ngaben. Di kawasan parkir tersebut setiap kontingen diberikan waktu untuk melakukan display.

“Kriteria penilaian terdiri dari semangat bertakbir setiap peserta, kerapian barisan, display kreativitas, nanti juri bisa menilai misalnya mana mascot yang sekiranya dibuat oleh kelompok itu sendiri atau tidak,” katanya.

Panitia lainnya, Aditya Muhammad Syamsudin mengatakan, tema karnaval kali ini adalah Syiarku dalam Takbir : Sekali Merdeka Tetap Merdeka. Sehingga setiap kelompok akan menampilkan beragam kreativitas aksesoris yang tidak hanya berhubungan dengan esensi takbir namun juga menyentuh ke ranah hari kemerdekaan RI.

“Secara umum hampir sama dengan tahun lalu, hanya berbeda di tema, nah nanti setiap kontingen akan menyesuaikan tema,” ucapnya.

Aditya memastikan telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian terkait rute pelaksanaan takbir keliling tersebut. Ia berharap masyarakat bisa memaklumi karena jalur di sekitar jalan yang dilalui pawai akan terjadi kemacetan.

“Selain itu kami berharap masyarakat yang menonton juga tertib,” ujarnya.