Ribuan Anak Peringati Hari Anak Nasional di Jogja Bay

Anak-anak menampilkan atraksi seni dalam puncak peringatan HAN DIY di The Harbour Theatre Jogja Bay Waterpark, Kamis (8/8/2019). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
08 Agustus 2019 22:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY menggandeng Jogja Bay Waterpark menggelar Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) DIY 2019, Kamis (8/8/2019). Acara yang digelar di The Harbour Theatre Jogja Bay Waterpark tersebut melibatkan 1.000 orang peserta.

Kepala DP3AP2 DIY Arida Oetami, mengatakan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap tanggal 23 Juli dan di semua provinsi dan kabupaten kota Hari Anak Nasional juga diperingati dengan berbagai kegiatan yang mengingatkan kembali pada pentingnya pemenuhan hak anak dan perlindungan anak. "Di DIY, Peringatan Hari Anak Nasional juga diperingati dengan serangkaian Kegiatan yang dilaksanakan oleh lembaga pemerintah, LSM, dan dunia usaha baik di tingkat kabupaten/kota maupun di provinsi," kata Utami, Kamis.

Di tingkat nasional peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2019 ini mengambil tema Kualitas Keluarga Penopang Perlindungan Anak. “Adapun tema Peringatan HAN DIY tahun ini Hamemayu Sesanti Ajining Pertiwi yang bermakna Membangun Identitas dan Karakter Anak untuk Berbangsa dan Bertanah Air Indonesia," kata Utami.

Dengan mengangkat tema Hamemayu Sesanti Ajining Pertiwi, Pemda DIY memiliki semangat untuk membangun identitas dan karakter anak untuk berbangsa dan bertanah air Indonesia.

Konsep puncak acara Peringatan HAN DIY 2019 adalah bermain bersama dan inklusif di mana akan ditampilkan aksi kreativitas anak termasuk di antaranya adalah anak-anak penyandang disabilitas dari berbagai sekolah dan sanggar anak di DIY.

Staf Public Relations Jogja Bay Waterpark Medha Zeli Elsita mengaku mendukung penuh peringatan HAN DIY 2019. “Sebagai taman wisata air keluarga, Jogja Bay Waterpark mendukung penuh pelaksanaan HAN DIY 2019. Di tengah isu sosial pernikahan dini dan kenakalan anak yang mengalami peningkatan hampir setiap kabupaten/kota di DIY,” ucap dia.

Oleh karena itu momentum Peringatan Hari Anak Nasional 2019 sekiranya dapat menjadi semangat kita bersama baik bagi pemerintah maupun swasta untuk memberikan perhatian lebih pada anak,” ujar Medha.