Bersedekah Jelang Kurban, Pedagang di Pasar Telo Jogja Ini Bagi-Bagi 80 Karung Arang Gratis

Ilustrasi penyembelihan kurban saat Iduladha. - Solopos/M. Ferri Setiawan
09 Agustus 2019 20:07 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Menjelang Iduladha atau awal bulan Dzulhijah, banyak orang memanfaatkannya dengan bersedekah, salah satunya pemilik Kios Arang Ireng di Pasar Telo Karangkajen, Kelurahan Mergangsan.

Pria yang enggan menyebutkan namanya ini membagikan secara gratis lebih dari 80 karung arang yang biasa menjadi barang dagangannya. "Untuk masjid atau panitia kurban di sekitar Jogja, setiap yang datang ke sini boleh ambil satu karung," ujarnya pada wartawan, Jumat (9/8/2019).

Pembagian ia lakukan selama tiga hari, mulai Rabu (7/8/2019) hingga Jumat (9/8/2019). Ia menyebar pengumuman pembagian arang ini lewat Whatsapp, yang dengan cepat tersebar ke banyak panitia kurban. Waktu Harianjogja.com datang ke kiosnya, tinggal tersisa sekitar 10 karung.

Pria beralamat di Gedongkiwo, Mantrijeron ini menyetok arang dari Jawa Timur. Setiap karung ia perkirakan berisi 20-25 kg. Satu karung biasa ia jual Rp80.000. Pembelinya biasanya adalah penjual sate atau angkringan. "Tiga hari ini jualannya sama Gusti Allah," ujarnya sambil tertawa.

Ia mengungkapkan motivasi aksinya ini adalah ingin berbagi dengan sebanyak-banyaknya orang. Jika satu masjid mendapat satu karung, arangnya akan bermanfaat untuk semua jamaah masjid dikalikan jumlah masjid yang mendapatkan arangnya.