Advertisement

Pembangunan Pos Damkar di Karangmojo Belum Ada Kejelasan

David Kurniawan
Kamis, 15 Agustus 2019 - 18:17 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pembangunan Pos Damkar di Karangmojo Belum Ada Kejelasan Ilustrasi. /Bisnis-Bisnis - Paulus Tandi Bone

Advertisement

Harianjogja,com, GUNUNGKIDUL—Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran (Damkar) Gunungkidul menunggu rencana pembangunan pos pemadam kebakaran di Kecamatan Karangmojo. Dari sisi lahan, Pemkab sudah membebaskan lahan namun hingga saat ini belum diketahui kapan pembangunan dimulai.

Kepala UPT Damkar Gunungkidul, Diyono, mengakui wacana pembangunan pos pemadam kebakaran di Karangmojo merupakan program lama yang muncul sejak beberapa tahun lalu. Meski demikian hingga sekarang pembangunan belum terealisasi.

Advertisement

Untuk lokasi, Pemkab sudah membebaskan lahan di Dusun Srimpi, Desa Karangmojo. “Tanahnya sudah ada, tapi sekarang belum ada tanda akan dibangun,” kata Diyono kepada wartawan, Rabu (14/8/2018).

Dia menjelaskan, rencana pembangunan pos pemadam kebakaran di Karangmojo sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan. Selama ini pusat layanan masih tersentral di UPT Damkar Wonosari. Diharapkan adanya tambahan pos layanan dapat menyingkat waktu dalam upaya pemadaman sehingga dampak kebakaran bisa ditekan. “Kalau ada pos lain, maka ada pembagian wilayah penanganan kebakaran. Saat terjadi kebakaran besar, pos-pos yang ada bisa dioptimalkan untuk membantu penanganan,” katanya.

Diyono menuturkan, dengan luas wilayah yang hampir separuh dari luas DIY, idealnya di Gunungkidul terdapat lima pos damkar. Meski demikian, dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki pembangunan bisa dilakukan secara bertahap. “Untuk tahap awal akan dibangun di Karangmojo. Harapannya pos ini bisa mencakup wilayah Kecamatan Ponjong, Semin dan Karangmojo,” katanya.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Agus Subaryanta, mengatakan tahun ini tidak ada rencananya pembangunan pos damkar. Tahun depan Pemkab akan membangun pusat pemadam kebakaran di lokasi kantor pemerintahan terpadu di Desa Siraman. “Tahun ini tidak ada karena wacana pembangunan baru di 2020. Itupun yang dibangun adalah pusat pemadam kebakarannya dan belum ke pos yang lain,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement