Advertisement

HUT Kemerdekaan RI, Tim SAR dan Relawan Kibarkan Merah Putih di Laut Selatan

Rahmat Jiwandono
Sabtu, 17 Agustus 2019 - 16:27 WIB
Nina Atmasari
HUT Kemerdekaan RI, Tim SAR dan Relawan Kibarkan Merah Putih di Laut Selatan Relawan dan tim SAR bersiap untuk mengibarkan bendera di tengah Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari pada Sabtu (17/8/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-- Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 74 dilakukan dengan mengibarkan bendera di tengah laut yakni di Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari pada Sabtu (17/8/2019) sekitar pukul 10.00 WIB. Pengibaran bendera dilakukan oleh tim gabungan dari relawan dan tim SAR.

Adapun peserta upacara diikuti ratusan orang dari semua elemen masyarakat seperti siswa sekolah, relawan, satpol PP, dan masyarakat sekitar. Namun demikian, yang mengibarkan bendera ialah tim SAR dan relawan.

Advertisement

Koordinator Tim SAR Satlinmas Wilayah II, Marjono, mengatakan upacara pengibaran bendera di tengah laut kali ini merupakan yang ketujuh kalinya. "Peserta juga ada dari nelayan dan pokdarwis," ujar Marjono, Sabtu (17/8/2019).

Marjono menjelaskan tim pengibar bendera di tengah laut terdiri dari tiga pasukan yaitu pasukan tiga bertugas membawa bendera, pasukan tujuh serta pasukan delapan. Selain itu, ketika bendera dikibarkan, relawan turut serta berenang.

"Sekitar 300 orang yang ikut renang," kata dia.

Ia menambahkan, terdapat 600 bendera kecil yang diikat pada bambu dan disematkan di sekitar lautan. Baik di karang ataupun pulau pasir sebagai tempat upacara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement