HUT Kemerdekaan RI, Tim SAR dan Relawan Kibarkan Merah Putih di Laut Selatan

Relawan dan tim SAR bersiap untuk mengibarkan bendera di tengah Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari pada Sabtu (17/8/2019). - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono
17 Agustus 2019 16:27 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-- Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 74 dilakukan dengan mengibarkan bendera di tengah laut yakni di Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari pada Sabtu (17/8/2019) sekitar pukul 10.00 WIB. Pengibaran bendera dilakukan oleh tim gabungan dari relawan dan tim SAR.

Adapun peserta upacara diikuti ratusan orang dari semua elemen masyarakat seperti siswa sekolah, relawan, satpol PP, dan masyarakat sekitar. Namun demikian, yang mengibarkan bendera ialah tim SAR dan relawan.

Koordinator Tim SAR Satlinmas Wilayah II, Marjono, mengatakan upacara pengibaran bendera di tengah laut kali ini merupakan yang ketujuh kalinya. "Peserta juga ada dari nelayan dan pokdarwis," ujar Marjono, Sabtu (17/8/2019).

Marjono menjelaskan tim pengibar bendera di tengah laut terdiri dari tiga pasukan yaitu pasukan tiga bertugas membawa bendera, pasukan tujuh serta pasukan delapan. Selain itu, ketika bendera dikibarkan, relawan turut serta berenang.

"Sekitar 300 orang yang ikut renang," kata dia.

Ia menambahkan, terdapat 600 bendera kecil yang diikat pada bambu dan disematkan di sekitar lautan. Baik di karang ataupun pulau pasir sebagai tempat upacara.