Baru Saja Dilantik, 12 Anggota DPRD Bantul Absen Sidang Paripurna Pidato Presiden

Bupati dan wakil bupati Bantul Suharsono dan Abdul Halim Muslih bersama anggota DPRD Bantul saat akan mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT RI melalui siaran langsung di DPRD Bantul, Jumat (16/8/2019). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
17 Agustus 2019 09:57 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Sidang paripurna dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo melalui siaran langsung di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul tidak dihadiri oleh semua anggota DPRD setempat. Berdasarkan daftar hadir ada 33 anggota Dewan yang hadir, sementara 12 anggota lainnya tidak hadir.

Nama-nama yang tidak ada dalam daftar hadir tersebut adalah Subhan Nawwawi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Petrus Lanjar Wijiyono (Gerindra), Datin Wisnu Pranyoto (Gerindra), Pramu Diantara Indratriatmo (PDI Perjuangan), Endro Sulastomo (PDI Perjuangan), Damba Aktivis (Partai Amanat Nasional), Sigit Nursyam Priyanto (PKS), Surotun (PAN), Edy Prabowo (Demokrat), Suryono (Golkar), Eko Sutrisno Aji (PPP), dan Supriyono (PPP).

Sidang paripurna yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB hingga berakhir sekitar pukul 11.00 WIB ke-12 anggota DPRD itu tidak mengisi daftar hadir. Salah satu staf Sekretariat Dewan mengatakan dari 12 orang yang tidak hadir, empat orang di antaranya meminta izin tidak hadir melalui pesan singkat aplikasi Whatsapp. Keempat anggota Dewan yang izin karena sakit adalah Edy Prabowo, Suryono, eko Sutrisno Aji, dan Supriyono. “Berdasarkan absensi yg hadir 33 orang,” kata dia.

Sementara itu sidang paripurna mendengarkan pidato Presiden Joko Widodo di DPRD Bantul dipimpin oleh ketua DPRD sementara Hanung Raharjo dan wakil ketua sementara Nur Subiantoro.

Sidang tersebut juga dihadiri Bupati Bantul Suharsono dan wakil bupati Bantul Abdul Halim Muslih, serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pimpinan BUMD, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).

Sekretaris DPRD Bantul, Prapto Nugroho mengatakan tidak mengetahui 12 anggota DPRD yang tidak hadir. “Tapi sebagian besar saya lihat hadir,” kata dia.

Prapto mengatakan undangan sidang paripurna mendengarkan pidato Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT Kemerdekaan RI sudah dikirim ke semua anggota Dewan sejak beberapa hari yang lalu.

Diketahui 45 anggota DPRD Bantul periode 2019-2024 baru dilantik pada 13 Agustus lalu. sampai saat ini pimpinan DPRD masih dijabat oleh ketua dan wakil ketua sementara. Selain itu alat kelengkapan Dewan dan Fraksi juga belum terbentuk.

Ketua sementara DPRD Bantul, Hanung Raharjo, sebelumnya mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar paripurna penetapan fraksi, pembentukan alat kelengkapan Dewan, perubahan tata tertib Dewan, dan penetapan ketua definitif DPRD Bantul.