Ini Dia Cara RSU Mitra Paramedia Peringati HUT Kemerdekaan RI

Salah satu warga mengikuti donor darah di RSU Mitra Paramedika, Jumat (16/8/2019). - Istimewa/RSU Mitra Paramedika
18 Agustus 2019 16:17 WIB Arief Junianto Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—RSU Mitra Paramedika bekerja sama dengan PMI Kabupaten Sleman menggelar aksi donor darah, Jumat (16/8). Aksi donor darah yang berlangsung di rumah sakit setempat tersebut merupakan bentuk partisipasi menyemarakkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Direktur RSU Mitra Paramedika Ichsan Priyotomo mengungkapkan kegiatan donor darah menjadi aksi sosial rutin yang dilakukan rumah sakitnya. Dalam setiap momentum pihaknya selalu menyisipkan aksi donor darah mengingat pentingnya kegiatan ini. "Momentumnya kali ini dalam rangka dirgahayu kemerdekaam bangsa. Kami memilih cara sosial untuk menyemarakkannya," ujar Ichsan melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Minggu (18/8/2019).

Menurut Ichsan, donor darah menjadi salah satu aksi nyata kepedulian untuk turut mengampanyekan jiwa kemanusiaan. Sebagai instansi yang bergerak dalam bidang pelayanan medis, RSU Mitra Paramedika harus aktif mengampanyekan jiwa kemanusiaan.

Ichsan mengamati kebutuhan darah di wilayah DIY semakin hari makin bertambah. Upaya aksi donor darah diharapkan bisa membantu menambah stok ketersediaan darah di semua unit PMI di seluruh DIY. "Melihat besarnya animo petugas medis di rumah sakit ini dalam aksi donor, kami akan upayakan untuk merutinkan kegiatan ini. Kali ini bekerja sama dengan PMI Sleman, mungkin selanjutnya bisa dengan PMI Jogja," kata Ichsan.

Donor darah itu sendiri tidak hanya diikuti oleh sejumlah pegawai dan petugas medis RSU Mitra Paramedika. Sejumlah warga sekitar serta keluarga pasien yang menjenguk kerabatnya di rumah sakit pun ikut berpartisipasi.

Kusmiyanto, 57, salah satu pendonor mengaku senang bisa melakukan donor darah massal di rumah sakit itu. Dia mengaku aktif donor sejak lulus SMA hingga kini meski usianya sudah setengah abad lebih. Kebetulan dia tinggal tidak jauh dari RSU Mitra Paramedika sehingga mudah menjangkau untuk ikut donor.

"Harapan saya agar donor darah ini rutin dilakukan. Saya senang donor tapi sekarang usia saya sudah tua, kalau harus jauh-jauh datang ke PMI rasanya malas. Tapi kalau ada aksi seperti ini dan dekat saya pasti ikut," ujar warga Ganjuran, Widodomartani, Kecamatan Ngemplak itu.