Advertisement

Siswa Gedangsari Belajar Produksi Berita di Harian Jogja

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 20 Agustus 2019 - 18:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Siswa Gedangsari Belajar Produksi Berita di Harian Jogja Para siswa dari SMPN 2 Gedangsari dan SMKN 2 Gedangsari Gunungkidul belajar proses pembuatan berita di Harian Jogja, Selasa (20/8 - 2019).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – SMPN 2 Gedangsari dan SMKN 2 Gedangsari, Gunungkidul melakukan kunjungan ke kantor Harian Jogja, Selasa (20/8/2019). Lebih dari 20 siswa belajar seputar proses pembuatan berita.

Dalam kunjungan tersebut, redaktur Harian Jogja Mediani Dyah Natalia menjelaskan banyak hal seputar media massa. Mulai dari jam kerja wartawan di Harian Jogja, jenis berita, sampai mengajak para siswa berkeliling ruang redaksi dan menyaksikan proses layout.

Advertisement

Mediani menjelaskan bahwa untuk menjadi wartawan tidak perlu harus memiliki latar belakang pendidikan komunikasi jurnalistik. “Ada dari kami dari jurusan sosiologi, pertanian, dan biologi. Bidang itu tetap berguna saat menjadi wartawan karena saat menulis seputar pertanian misalnya, tulisan bisa semakin mendalam,” katanya, Selasa.

Dalam diskusi tersebut, para siswa juga aktif melontarkan pertanyaan. Di antara mereka ada yang menanyakan sumber berita, cara mengembangkan produk media cetak di tengah gencarnya media sosial, dan masih banyak lagi. “Saya jadi tahu banyak pengetahuan seputar media massa,” kata salah satu siswa kelas VII SMPN 2 Gedangsari bernama Candra Saputra.

Sementara itu, Christiana Elly selaku pendamping rombongan yang juga pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia mengatakan bahwa di sekolah sudah tidak ada lagi kegiatan ekstrakurikuler tulis menulis atau majalah dinding. Sebab, sejak diterapkan Kurikulum 2013, para siswa pulang sekolah pukul 14.30 WIB dan lokasi rumah siswa jauh dari sekolah dan melewati medan yang berbukit.

“Jadi kasihan kalau ada ekskul. Kita hanya beri program literasi dengan membaca buku 15 menit sebelum KBM [Kegiatan Belajar Mengajar]. Harapannya dari kunjungan ke sini [Harian Jogja], siswa punya inisiatif untuk membuat tulisan,” tuturnya.

SMPN 2 Gedangsari dan SMKN 2 Gedangsari merupakan sekolah di bawah binaan PT Astra. Cahya Gumilar selaku Staf Corporate Communication Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim yang turut mendampingi dalam kunjungan tersebut berharap agar setelah kunjungan ini para siswa lebih terampil dalam menulis dan cerdas berliterasi.

“Di sekolah banyak kegiatan baik internal ataupun yang diselenggarakan Astra. Harapannya, mereka aktif nulis tentang kegiatan di sekolah. Hasil tulisannya bisa dinikmati untuk dirinya sendiri, atau sekolah, atau ditayangkan di majalah Astra,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perbaikan Tol Bocimi Akibat Longsor Ditargetkan Rampung Juni

News
| Selasa, 16 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement