Advertisement

Warga Gedangsari Mengeluh Jalan Penghubung Gunungkidul-Klaten Rusak

Rahmat Jiwandono
Kamis, 22 Agustus 2019 - 04:17 WIB
Nina Atmasari
 Warga Gedangsari Mengeluh Jalan Penghubung Gunungkidul-Klaten Rusak Seorang pengendara melintas di jalan Dusun Candi, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari. - Harian Jogja/Rahmat Jiwandono

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-- Ruas jalan yang ada di Dusun Candi, Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari hingga kini belum diperbaiki. Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPUPRKP) Kabupaten Gunungkidul segera melakukan pengecekan terhadap jalan yang rusak.

Seorang warga sekitar, Triyanto, mengungkapkan jalan yang ada di depan rumahnya sudah lama berlubang dan tidak kunjung diaspal. Warga setiap harinya harus berhati-hati ketika berkendara.

Advertisement

"Jalannya berlubang dimana-mana kalau tidak hati-hati bisa jatuh," ujarnya kepada Harianjogja.com, Rabu (21/8/2019).

Triyanto menyebut hal yang membuat jalan di desanya rusak lantaran setiap hari dilalui oleh kendaraan seperti truk dan tangki. Pasalnya, jalan tersebut menjadi akses dari Kabupaten Gunungkidul ke Kabupaten Klaten.

"Banyak truk dengan muatan berat lewat sini ya bagaimana jalannya tidak rusak," jelasnya.

Warga lainnya, Sukino, menjelaskan di bahu jalan sudah dipasangi batu sebagai penanda bagi pengendara yang lewat agar berhati-hati. "Di beberapa titik ada yang aspalnya longsor dan sebelahnya parit. Pengendara bisa terperosok kalau tidak kami beri tanda," kata Sukino.

Menurut dia, kendaraan berat yang melintas selain membuat aspal jalan semakin parah, di daerah itu banyak anak pulang sekolah yang jalan kaki. Ia berharap segera ada tindakan dari pemkab untuk memperbaiki jalan tersebut.

"Jalannya tolong segera diaspal. Saya juga khawatir melihat anak SD pulang sekolah ketemu dengan truk," imbuhnya.

Kepala Seksi (Kasi) Pembangunan DPUPRKP Gunungkidul, Ashari Nurkhalis, mengatakan jajarannya segera mengecek status jalan yang rusak tersebut. "Dilihat dulu itu masuk jalan desa atau jalan kabupaten," ucapnya.

Ia menyatakan, apabila ruas jalan yang dimaksud adalah bagian dari rencana pengaspalan pada tahun ini yakni dari Hargomulyo sampai Tegalrejo, Gedangsari. Panjang jalan yang akan diaspal kurang lebih 4,9 kilometer.

"Kalau masuk ruas itu berarti akan segera diperbaiki," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement