Advertisement

Permaisuri Raja Malaysia Membatik di Kraton Jogja

Newswire
Rabu, 28 Agustus 2019 - 18:17 WIB
Bhekti Suryani
Permaisuri Raja Malaysia Membatik di Kraton Jogja Raja Malaysia Yang Dipertuan Agong XVI Al Sultan Abdullah Al Mustafa Billah Shah (kedua kiri) bersama istri berfoto bersama Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan HB X (kedua kanan) dan istri GKR Hemas (kanan) saat berkunjung di Kraton Jogja, Rabu (28/8/2019). - Antara/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Kunjungan Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong XVI Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah ke Kraton Jogja diisi salah satunya dengan kegiatan membatik.

Permaisuri Raja Malaysia, Permaisuri Agong Tunku Hajah Azizah Aminah Maimunah Iskandariah sempat membatik di Gedhong Prabayeksa, Kompleks Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Rabu (28/8/2019).

Advertisement

Permaisuri Raja Malaysia dipersilakan membatik setelah mendampingi Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong XVI Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah beramah tamah dengan Raja Keraton Yogyakarta Sultan HB X dan GKR Hemas di Gedhong Jene.

"Tadi beliau (Permaisuri Raja Malaysia) membatik juga, kan sering ke sini, ke Yogyakarta," kata Sultan HB X seusai melepas rombongan Raja Malaysia meninggalkan Kraton.

Sultan mengatakan batik karya Tunku Hajah Azizah akan diantarkan ke Malaysia apabila telah selesai diproses menjadi kain batik. "Nanti kalau sudah jadi akan saya kirim ke sana," kata Sultan yang juga Gubernur DIY ini.

Menurut Sultan, pertemuan antara Raja Malaysia dengannya di Keraton Yogyakarta sekadar silaturahmi biasa dan bincang-bincang antar sesama raja.

Tunku Hajah Azizah Aminah, kata Sultan, kerap bertandang ke Yogyakarta. Sedangkan Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong XVI Al-Sultan Abdullah juga pernah bertemu Sultan di Keraton Yogyakarta pada 1993.

"Beliau dulu kan pernah ke sini tahun 1993 tapi belum (mendapat gelar) Yang di-Pertuan," kata dia.

Selain didampingi permaisuri, Raja Malaysia juga mengunjungi Keraton Yogyakarta bersama tiga puterinya yakni Tengku Puteri Ilisha Ameera, Tengku Puteri Afzan Aminah Hafizatullah, dan Tengku Puteri Jihan Azizah ‘Athiyatullah.

Turut mendampingi pula Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo serta Wakil Dubes Indonesia untuk Malaysia Khrisna KU Hannan.

Dalam kunjungan itu Raja Malaysia beserta keluarga juga disuguhi pertunjukan Tari Beksan Lawung Jajar di teras Bangsal Kencana. Tari ini merupakan tari putra gagah yang bercerita tentang semangat berlatih para prajurit keraton zaman Sri Sultan HB I.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement