Olifant Berbagi dalam Kemerdekaan

Siswa Preschool Olifant berfoto bersama seusai upacara bendera HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Sabtu (24/8)./ Ist. - Olifant School
29 Agustus 2019 06:22 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Guna merayakan ulang tahun ke-74 Kemerdekaan RI, segenap guru, staf, serta murid preschool Olifant mengadakan upacara bendera, dengan menjadikan para murid sebagai petugas upacara di Botanical Garden di Olifant School, Sabtu (24/8). 

Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik Olifant Preschool Yulian Ariance Lebe mengungkapkan pemandangan yang cukup menggemaskan tampak saat para murid berusaha untuk berjalan tegap dan menjalankan tugasnya dengan baik, dengan bimbingan dan arahan dari para guru. “Upacara ini merupakan sarana untuk memperingati HUT ke-74 Kemerdekaan RI serta menumbuhkan semangat nasionalisme pada diri anak-anak sejak usia dini. Petugas upacara merupakan anak-anak usia TK B dan sudah dipersiapkan oleh guru di kelas untuk latihan sebelumnya," kata dia dalam rilisnya, Rabu (28/8).

Ia mengungkapkan ada yang menarik dari selebrasi perayaan kemerdekaan di Olifant Preschool ini. Anak-anak menunjukkan bakat dan kemampuannya dengan mementaskan nyanyian serta tarian dari masing-masing kelas. Acara pentas bakat ini merupakan sarana bagi anak-anak supaya percaya diri dan berani berekspresi di hadapan umum.

“Rangkaian acara hari ini selain untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, juga untuk merayakan Iduladha 2019. Tema acara kami tahun ini adalah Berbagi dalam Kemerdekaan sehingga, setelah upacara dan pementasan, juga diadakan acara potluck, orang tua membawa beragam makanan dan minuman untuk selanjutnya dikumpulkan untuk dimakan bersama-sama sebagai makna berbagi yang menjadi makna utama dari Iduladha,” ujar Yulian.

Upacara Hari Kemerdekaan ini merupakan agenda tahunan rutin untuk murid playgroup maupun TK di Olifant. “Di setiap upacara, kami akan pelan-pelan memberi pemahaman akan makna upacara, serta mengajak mereka untuk berperan aktif saat upacara. Misalnya dengan mengajak anak-anak bersama-sama menyanyikan lagu-lagu nasional, karena meskipun terlihat sepele, namun musik dan lagu merupakan salah satu sarana belajar yang paling mudah diterima oleh anak, serta mampu menggerakkan emosi dan semangat anak. Selain itu, kami juga menanyakan kepada anak, sikap-sikap apa yang bisa mereka lakukan untuk Indonesia, misal dengan menjadi anak yang berani dan rajin di sekolah.”

Di Olifant, setiap anak diperkenalkan dengan keberagaman kultur, baik lokal maupun internasional. Pengenalan dengan berbagai kultur sedari dini akan membimbing anak untuk bisa beradaptasi dengan keberagaman dan perubahan. Mereka akan menjadi mengerti tentang kultur mereka sendiri, serta menumbuhkan rasa menghargai kultur dan budaya lain. Hal ini sejalan dengan slogan Olifant Unity in Diversity yang memiliki semangat yang sama dengan semboyan negara Indonesia yakni Bhinneka Tunggal Ika.