UGM dan Gachon University Kampanye Keselamatan Lalu Lintas pada Anak Sekolah

Sejumlah siswa sekolah saat mengikuti sosialisasi keselamatan LLAJ, yang diinisiasi UGM dan Gachon University, Korea Selatan, beberapa waktu lalu. - Ist/dok.tim sosialisasi
30 Agustus 2019 01:47 WIB Uli Febriarni Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Gachon University, Korea Selatan ambil andil dalam pelaksanaan sosialisasi keselamatan berlalu lintas dan angkutan jalan bagi siswa sekolah.

Humas Tim Kegiatan Sosialisasi, Khansa Zuyyuna Adilatushshalihah mengatakan sosialisasi keselamatan LLAJ itu diselenggarakan bekerjasama pula dengan KOICA (Korean International Coorporation Agency), Samsung Electronics dan Dinas Perhubungan DIY. Serta berkolaborasi dengan berbagai pihak lain, yakni Ditlantas Polda DIY, KPAI, dan BNN.

"Masing-masing acara dilaksanakan di SD Negeri Maguwoharjo 1 pada tanggal 19 Agustus 2019 dan MI Muhammadiyah Kenteng Kulonprogo pada 22 Agustus 2019," kata dia, dalam rilis kepada Harian Jogja, Kamis (29/8/2019).

Saat sosialisasi kali ini, UGM dan Gachon University membagikan helm dan buku materi tentang keselamatan berlalu lintas bagi anak. Menyasar siswa sekolah dasar, sosialisasi ditujukan untuk memberikan edukasi pemahaman tentang etika berlalu lintas, salah satunya adalah kewajiban mengenakan helm ketika berkendara.

"Selain pengendara, helm juga merupakan hal yang sangat penting bagi orang yang dibonceng," ujarnya.

Sepengetahuan timnya, masih ada orang tua yang tidak memakaikan helm kepada anaknya, ketika berkendara di jalan raya. Alasannya, jarak tempuh yang relatif dekat.

UGM dan Gachon University juga membuat buku ajar panduan berlalulintas dengan selamat, untuk tenaga pendidik dan siswa sekola dasar. Pembuatan buku panduan ini juga mendapat dukungan dari Dinas Perhubungan Provinsi DIY, Ditlantas Polda DIY, Dinas Perhubungan Kota Jogja, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY.

"Ini merupakan salah satu komitmen UGM dan Gachon University dalam membantu mengurangi angka kecelakaan anak di provinsi DIY," tambah dia.

UGM dan Gachon University, sudah bekerjasama selama hampir tiga tahun dalam program ini, lanjutnya. Beberapa bentuk program yang sudah pernah terealisasikan sebelumnya adalah pelatihan keselamatan berlalu lintas yang ditujukan kepada guru tingkat sekolah dasar se-DIY.

Zuyyi berharap, dengan kerjasama UGM dan Gachon University di bidang berkeselamatan LLAJ ini, maka angka kecelakaan lalu-lintas anak di DIY bisa menurun.

Kepala Bidang Perhubungan Udara dan Keselamatan Transportasi Dishub DIY, Didit Suranto menyatakan, kebiasaan memakai helm ketika berkendara harus dimulai sejak usia dini.

“Helm berfungsi untuk melindungi kepala,” kata dia.