Panti Rapih Menuju Layanan Berstandar Internasional

Penyerahan mobil dari bank sponsor, guna mendukung pelayanan homecare RS Panti Rapih, sebagai rangkaian HUT ke-90 RS Panti Rapih, Sabtu (15/9). - Istimewa/Humas RS Panti Rapih
15 September 2019 17:42 WIB Uli Febriarni Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Rumah Sakit (RS) Panti Rapih terus meneguhkan komitmen untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan, salah satunya adalah penerapan pelayanan berbasis standar internasional.

"Setelah berturut-turut meraih akreditasi paripurna, kami dari pimpinan mengajak kita semua yang ada di sini, apakah siap untuk masuk akreditasi yang lebih tinggi, yaitu akreditasi internasional?" ujar Direktur Utama RS Panti Rapih, Teddy Janong saat memberikan sambutan dalam puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-90 RS Panti Rapih, di Aula Lantai VI, Gedung Borromeus, RS Panti Rapih, Sabtu (14/9/2019).

Untuk itu, Teddy meminta dukungan yayasan, seluruh karyawan dan dokter untuk benar-benar memberikan pelayanan sesuai standar internasional yang ditetapkan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS). "Agar masyarakat tidak perlu ke luar negeri untuk berobat. Melainkan pakai pelayanan di sini untuk pengobatan," ujar dia.

Tanggung jawab seluruh jajaran RS Panti Rapih saat ini adalah mengisi dan mewarnai gedung mewah dan megah yang sudah dimiliki RS Panti Rapih dengan pelayanan yang jauh berbeda. “Prinsipnya, jangan sampai gedung baru tapi pelayanan sama saja,” kata Teddy.

Ketua Yayasan Panti Rapih, Tarsisius Hani Handoko mengungkapkan RS Panti Rapih memiliki keunikan yang membedakan dengan RS lainnya dan tak bisa dilakukan oleh semua orang, yaitu sentuhan penuh kasih.

Ketua Panitia HUT RS Panti Rapih Radijanti Anggraheni menyebutkan rangkaian peringatan HUT yang tahun ini bertemakan Berkilau Menebar Kasih dalam Melayani tersebut, sebelumnya telah diawali dengan begitu banyak kegiatan sejak 26-30 Mei 2019.

Pada peringatan puncak, sejumlah agenda yang dihadirkan yaitu penyematan penghargaan bagi staf pelayanan RS Panti Rapih, yang telah melayani selama 25 tahun dan 35 tahun. Tak hanya itu, ada pula penyerahan secara simbolis satu unit mobil Toyota Avanza dari bank yang bekerja sama dengan RS. “Bantuan mobil tersebut untuk menunjang layanan kunjungan rumah [homecare] RS Panti Rapih,” kata dia.

Agenda berikutnya, kata dia, adalah peluncuran Smart Water Solution. Program tersebut merupakan perwujudan nyata dari semangat dan tekad RS Panti Rapih untuk menjaga kelestarian lingkungan, dengan cara mengurangi sampah plastik serta penyediaan air minum yang berkualitas. “Air diambil dari sumber air baku dari mata air di tanah dalam. Dipompakan ke bagian ultrafiltrasi dengan proses lima tahap sistem filtrasi berteknologi nano dan UV sterilization antibacteria and virus remover,” kata dia.