Siswi Keperawatan Dilatih Dampingi Lansia

Ratusan pelajar SMK Kesehatan Insan Mulia Jogja mengikuti program Verile Goes to The School, akhir pekan lalu. - Harian Jogja/Ist
17 September 2019 17:57 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Para pelajar SMK Kesehatan Insan Mulia Jogja disiapkan menjadi lulusan keperawatan dan kefarmasian yang handal. Salah satu keahlian yang disiapkan ketika merawat para lansia.

Humas SMK Kesehatan Insan Mulia Jogja Wicaksono Yuni Ardhi Santoso mengatakan siswa-siswi jurusan keperawatan di sekolah ini dibekali dengan berbagai keahlian. Salah satunya merawat lansia. Beberapa alumni menjadi asisten perawat di sejumlah rumah sakit.

"Untuk para alumni sebagian sudah bekerja di berbagai rumah sakit. Beberapa dari mereka menangani [perawatan] untuk lansia, hanya saja sebagai asisten," katanya, Senin (16/9/2019).

Tidak hanya keperawatan, untuk jurusan kefarmasian pihaknya juga menjalin kerja sama dengan sejumlah perusahaan farmasi. Kerja sama dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kapasitas siswa di dunia kefarmasian.

"Alumni kami juga banyak diserap untuk bekerja di apotek-apotek," katanya.

Selain kerjasama dengan perusahaan farmasi, sekolah juga menjalin kerjasama dengan pihak lainnya. Seperti perusahaan kosmetik untuk memahami persoalan seputar masalah kosmetik. "Kami menggelar Verile Goes to The School untuk memberi pemahaman kepada pelajar selama mengalami masa pubertas," katanya.

Kegiatan tersebut digelar sebelum para pelajar mengikuti ujian semesteran. Kegiatan tersebut diikuti oleh masing-masing perwakilan dari kelas 10, 11 dan 12. "Ini bagian dari refresing siswi sebelum mengikuti ujian. Mereka belajar bagaimana cara mengatasi jerawat dan lainnya," kata Wicaksono.