Gojek Turut Membangun Desa di DIY

Para pemenang Kampung Merdeka yang diselenggarakan Gojek. - Harian Jogja/Istimewa
17 September 2019 16:02 WIB MediaDigital Bantul Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada Agustus 2019 lalu, Gojek bekerja sama dengan berbagai komunitas lokal mengadakan Kompetisi Kampung Merdeka 2019. Acara ini berlangsung di enam desa terpilih sejak 18 Agustus dan berakhir pada 15 September 2019.

Tiga desa menjadi pemenang kompetisi ini yaitu Desa Puncak, Desa Sonopakis dan Desa Barepan, ketiganya di Kabupaten Bantul, dan meraih total hadiah Rp 6 juta rupiah.  Ketiganya telah berhasil merubah wajah kampung menjadi kampung yang lebih tampil beda dengan desain mural karya warganya.

Delly Nugraha, VP Region Gojek Jateng dan DIY, melalui keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, berkata,“Kampung Merdeka merupakan rangkaian aktivitas yang mengusung semangat atau perbaikan berkelanjutan. Hal ini dituangkan ke dalam berbagai aktivitas seperti menghias kampung, kebersihan, serta jalan sehat. Sekali lagi semua ini bertujuan untuk menyebarkan semangat perbaikan dan peningkatan, karena #PastiAdaJalan dari setiap tantangan yang selalu datang menghampiri.”

Dengan konsep yang diusung pada Kampung Medeka ini, manfaat yang diterima oleh warga tidak hanya peningkatan dari segi tampilan dan kebersihan kampungnya, tapi juga peningkatan dari segi perekonomian warganya. Dari segi ekonomi, beberapa warga yang merupakan mitra pengemudi Gojek serta partner Gofood mendapat peningkatan penghasilan hasil dari penetrasi Gojek di desanya. Dari segi tampilan dan kebersihan, kampung yang berpartisipasi harus berkompetisi dengan kampung lain untuk mendapatkan nilai tertinggi dari dewan juri sehingga terjadi peningkatan dari segi tata desa.

Gojek berharap kegiatan Kampung Merdeka ini akan sukses dan menjadi contoh bagi kampung atau desa lain untuk selalu memiliki semangat improvement dengan pola berpikir #PastiAdaJalan.

Para pemenang Kampung Merdeka mendapatkan penghargaan berupa dana pembinaan masing-masing Rp 4 juta untuk juara,sementara peringkat kedua dan ketiga mendapatkan dana Rp 2 juta. Juara Kampung Merdeka adalah Desa Prancak, Sewon, Bantul,  peringkat kedua  Desa Sonopakis, Kasihan, Bantul dan peringkat ketiga Desa Barepan, Imogiri, Bantul.