Advertisement

Peringati HUT PMI Dengan Aksi Kemanusiaan

Abdul Hamied Razak
Selasa, 17 September 2019 - 17:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Peringati HUT PMI Dengan Aksi Kemanusiaan Aksi donor darah yang digelar karyawan Alfamidi Jogja untuk memperingati HUT ke 74 PMI, Selasa (17/9/2019). - Harian Jogja/Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Memperingati HUT ke 74 Palang Merah Indonesia (PMI), puluhan karyawan Alfamidi, supplier dan masyarakat melakukan aksi donor darah, Selasa (17/9/2019) di Kantor Alfamidi Jogja. Aksi ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan stok darah untuk wilayah Bantul.

Branch Manager Alfamidi Cabang Jogja Widodo mengatakan aksi donor darah tersebut dilakukan serentak di 10 cabang Alfamidi se Indonesia. Dia berharap aksi kemanusiaan itu ikut membantu dan memenuhi kebutuhan darah khususnya di wilayah Bantul.

Advertisement

"Dalam aksi ini kami menggandeng LazizMu. Aksi donor darah kami gelar rutin, apalagi beberapa karyawan kami juga menjadi pendonor darah tetap," ujarnya di sela-sela kegiatan.

Dijelaskan Widodo, para pendonor darah tidak hanya berasal dari karyawan, tetapi juga supplier dan masyarakat di sekitar lokasi. Untuk pendaftar 50 pertama, mendapatkan bingkisan menarik dari Alfamidi dan PMI.

"Melalui aksi ini, kami ingin berbagi dengan sesama atas dasar kemanusiaan. Minimal 40 kantong bisa kami sumbangkan karena beberapa pendonor tidak lolos screening," katanya.

Sementara itu, Relawan PMI Bantul Candra Irawan mengatakan kebutuhan kantong darah yang saat ini untuk golongan darah O. Sebab stok golongan darah O minim dibandingkan golongan darah lainnya seperti A dan B. "Stok darah O di kami tersisa 15 kantong. Untuk lainnya di atas 30 kantong," ujarnya.

Menurut Candra, beberapa peserta donor tidak lolos screening dikarenakan sejumlah faktor. Ada yang masih mengonsumsi obat, kurang tidur, Hb terlalu tinggi dan ada juga yang terlalu rendah. "Ini membutuhkan kejujuran pendonor. Kalau pernah mengkonsumsi obat dalam tiga hari terakhir, kami sarankan untuk tidak melakukan donor," katanya.

Rochmat, 39, warga Kotagede yang ikut aksi donor darah mengakui jika setiap tiga bulan sekali rutin mengikuti donor darah. "Golongan darah saya AB plus. Sudah 25 kali saya rutin mengikuti aksi donor darah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement