UAJY Gelar Seminar Pasar Modal

Pembicara menyampaikan materi dalam seminar yang diselenggarakan UAJY, Rabu (18/9/2019). - Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati
21 September 2019 03:37 WIB Bernadheta Dian Saraswati Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Investasi saat ini bukan merupakan sesuatu hal yang baru. Setiap individu pada dasarnya dimungkinkan untuk berinvestasi salah satunya melalui pasar modal. Banyak hal yang harus diperhatikan apabila seorang individu akan berinvestasi melalui pasar modal.

Atas latar belakang tersebut, pada hari Rabu (18/9/2019), Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) melalui Pusat Pengembangan Bisnis dan Ekonomika (PPBE) bekerja sama dengan Radio Smart FM 102.1 FM Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan Seminar Pasar Modal dengantema “Pasar Modal Sebagai Lifestyle di Era Industri 4.0”

Acara seminar ini dibuka dengan sambutan Budi Suprapto, MBA, Ph.D, Dekan Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta, yang menekankan pentingnya kolaborasi dalam dunia bisnis saat ini.

Seminar ini juga dibuka oleh sambutan dari  Benni Listiyo selaku Station Manager Radio Smart FM Yogyakarta. Seminar ini dihadiri kurang lebih 150 mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Tujuan diselenggarakannya seminar ini adalah menyasar generasi muda untuk menumbuhkan semangat memiliki gaya hidup berinvestasi di tengah tantangan gaya hidup konsumtif yang juga semakin besar. 

Seminar diselenggarakan dilaksanakan dalam dua sesi. Pemateri untuk sesi pertama adalah Irfan Noor Riza selaku Kepala Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Cabang Yogyakarta yang memaparkan tentang pentingnya sebuah kegiatan investasi dan keuntungan yang bisa didapatkan individu melalui investasi. Dalam sesi tersebut, Irfan Noor Riza juga mensosialisasikan kembali program “Yuk Nabung Saham” yang merupakan kampanye oleh PT Bursa Efek Indonesia yang mengajak masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal dengan membeli saham secara rutin dan berkala.

Materi untuk sesi kedua disampaikan oleh Charlie Yansen selaku Branch Manager Phintraco Sekuritas Cabang Yogyakarta. Dalam sesi pemaparannya, Charlie Yansen menyampaikan mengenai kiat-kiat berinvestasi di pasar modal.

Menurut Charlie Yansen, ada beberapa hal yang harus dipahami terkait dengan investasi saham, yaitu: menentukan tujuan investasi, melihat kemampuan sumber daya yang dimiliki, menentukan jangka waktu investasi, dan memahami risiko investasi (seperti: perusahaan yang bangkrut, serta saham yang mengalami delisting dan suspensi).

Dalam sesi tersebut, Charlie Yansen juga menampilkan simulasi kepada peserta untuk melakukan trading di pasar modal melalui aplikasi trading milik Phintraco Sekuritas, yaitu aplikasi PROFITS. 

"Harapan ke depan dengan diselenggarakannya seminar pasar modal seperti ini adalah bertumbuhnya keinginan masyarakat, khususnya generasi muda untuk berinvestasi, salah satunya melalui pasar modal dengan membeli saham perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia, sehingga ke depannya bisa terbentuk suatu investing community yang semakin meluas," kata Tabita Indah Iswari selaku Kepala Pusat Pengembangan Bisnis dan Ekonomika
Fakultas Bisnis dan Ekonomika UAJY dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Jumat (20/9/2019).