Permintaan SIM di Polres Sleman Meningkat

Smart SIM - JIBI
30 September 2019 15:37 WIB Fahmi Ahmad Burhan Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Polres Sleman dijatah sebanyak 10.000 keping Smart SIM untuk memenuhi permintaan masyarakat. Sejak dicetaknya Smart SIM, permintaan SIM di Polres Sleman diklaim meningkat hingga 10%.

Kanit Regident Polres Sleman Ipda Arfita Dewi mengatakan sejak dicetaknya Smart SIM, terjadi peningkatan permintaan SIM di Polres Sleman sampai 10%. Per harinya rata-rata ada sampai 150 orang mendatangi Polres Sleman untuk mengurus SIM baru dan perpanjangan.

Dia menambahkan secara bertahap sampai sepekan ini sudah tercetak hampir 1.000 Smart SIM untuk Polres Sleman. "Dari awalnya di Rabu [25/9/2019] dicetak sebanyak 340 keping, lalu keesokan harinya [Kamis, 26/9/2019] ada 300 keping, dan pada Jumat [27/9/2019] itu ada 223 keping," ucap Arfita, akhir pekan lalu.

Kapolres Sleman AKBP Rizky Ferdiansyah mengatakan Polres Sleman sudah menyediakan fasilitas Smart SIM sejak Rabu. Masyarakat yang baru mengurus SIM atau memperpanjang bisa menggunakan Smart SIM tersebut. "Sudah menggunakan material yang bentuknya berbeda dengan SIM lama. Selain untuk identitas, bahkan Kedepannya bisa digunakan untuk e-money. Kami sudah didrop sebanyak 10.000 material," ujar Rizky.

Selain sebagai bukti pengendara kendaraan, Smart SIM bisa merekam berbagai kejadian lalu lintas seperti jumlah pelanggaran hingga perekam data kecelakaan. "Ini [Smart SIM] juga sudah kami sosialiaasikan pada masyarakat, banyak yang berminat dan permintaan jadi meningkat," ujar Rizky.

Meski demikian, pengguna SIM lama tetap bisa menggunakannya dan tidak perlu takut SIM lamanya tidak berlaku lagi.