FBE UAJY Sukses Dampingi 4 UMKM

Peserta dan panitia berfoto di sela-sela acara Result Presentation di Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Gedung Bonaventura, lantai 3 Kampus 3 Universitas Atmajaya Jogja, Kamis, (10/10/2019). - Harian Jogja/Adit Bambang Setyawan (M128)
10 Oktober 2019 21:57 WIB Adit Bambang Setyawan (M128) Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Fakutas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY) menggelar acara Result Presentation, pada Kamis (10/10/2019), yakni presentasi empat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang telah berhasil didampingi kampus tersebut.

Sebelumnya UAJY telah memberi pelatihan terhadap empat UMKM yang terpilih tersebut melalui kegiatan Training of Enterpreneur Program SCORE (Sustaining Competitive and Responsible Enterprises). Adapun keempat UMKM dampingan tersebut yakni CV Karya Wahana Sentosa (KwaS), CV Manggar Natural, Joglo Ayu Tenan Craft and Jewelry, serta Alra Lifestyle. Pendampingan dilakukan oleh dosen Fakutas Bisnis dan Ekonomika UAJY sejak Juli-September 2019.

Hasil dari pendampingan tersebut dipresentasikan oleh masing-masing kelompok UMKM, didampingi oleh pelatih yang terdiri dari dua orang dosen UAJY untuk masing-masing kelompok.

Tiap UMKM menyampaikan hasil perubahan dan perkembangan yang mereka alami sejak adanya pendampingan dari UAJY. Acara ini dibuka oleh Dekan Fakutas Bisnis dan Ekonomika UAJY, Budi Suprapto.

Budi Suprapto mengapresiasi kegiatan yang diikuti sejumlah dosen tersebut karena telah berhasil menyelesaikan program yang dianggap luar biasa. Program pendampingan tersebut kata dia memberi kesempatan kepada FBE UAJY untuk berkontribusi sesuai dengan kemampuannya.

“Kami sangat beruntung dari FBE UAJY diberi kesempatan ikut program seperti ini, sehingga mempunyai kemampuan untuk saling membangun jaringan sehingga bisa berkembang bersama,” Kata Budi Suprapto, Kamis.

Ia berharap kegiatan ini tidak berhenti dan harus berkesinambungan. Selain itu FBE UAJY diminta selalu hadir di masyarakat terutama dalam bidang industri. Adapun acara Result Presentation ini merupakan rangkaian TOT-TOE SCORE 2019. Program SCORE merupakan program dari International Labour Organization (ILO) yang bertujuan meningkatkan produktivitas UMKM di Indonesia.

Program Manager SCORE Indonesia, Januar Rustandie, mengatakan tujuan untama dari SCORE adalah mendamaikan kondisi kerja antara pemilik perusahaan dan karyawan. Dengan mengajak karyawan untuk lebih merasakan kerja yang sebaik-baiknya, dengan mengedepankan komunikasi dan kerja sama.

“Saya yakin SCORE dapat meningkatkan produktivitas, keuntungan, dan kondisi kerja yang lebih nyaman bagi karyawan dengan cara yang mudah dan tidak keluar duit banyak,” kata Januar.

Owner PT Alra Lifestyle, Aesta Fajar, mengaku SCORE cukup membantu dalam melihat hal-hal yang tidak terlihat. “Selama ini kami hanya melihat dengan satu sudut pandang saja tapi dengan ini ternyata gambaran-gambaran lebih luas dari sebuah perusahaan itu dapat terlihat. Karyawan jauh lebih nyaman, kerja sama lebih terjalin,” kata Aesta Fajar. Ia berharap program semacam ini tetap diadakan untuk kemajuan UMKM di Jogja.