Pokdarwis Nangsri Lor Promosikan Wisata Telaga Nangsri

Pentas ketoprak dengan lakon Jaka Bodo Rabi yang digelar di kawasan telaga Nangsri, Dusun nangsri Lor, Desa Candirejo, Kecamatan semanu, Sabtu (12/10/2019) malam. - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi
13 Oktober 2019 23:07 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dalam rangka mempromosikan Telaga Nangsri yang berlokasi di Dusun Nangsri Lor, Desa Candirejo, Kecamatan Semanu, Dinas Pariwisata DIY bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dusun Nangsri Lor menggelar acara Edukasi Wisata, Sabtu (12/10/2019). Bersama Sanggar Seni Gita Gilang, dipentaskan ketoprak dengan lakon Jaka Bodo Rabi. Pentas ini menjadi tontonan menarik dan menjadi hiburan warga sekitar.

Ketua Pokdarwis Nangsri Lor, Ruswanto, mengungkapkan acara tersebut sebagai bukti bahwa warga memiliki niat untuk mengembangkan potensi pariwisata yang ada, sehingga ke depannya Dusun Nangsri Lor bisa turut andil dalam perkembangan pariwisata di Gunungkidul. "Hadirnya kegiatan seperti ini sebagai ajang promosi pariwisata di Gunungkidul," kata dia, Sabtu.

Menurut Ruswanto Telaga Nangsri memiliki sejumlah potensi wisata. Selain bisa bermain air di telaga, wisatawan juga bisa mengisi waktu pagi atau sore dengan joging dan senam bersama. Selain itu, wisatawan khususnya siswa sekolah bisa belajar berbagai jenis tanaman yang ada di sekitar telaga. "Di sekitar telah banyak pohon besar yang usianya sudah sangat tua," ujarnya.

Sebagai wisata rintisan baru, Pokdarwis Nangsri Lor terus belajar dan menggali ilmu kepariwisataan kepada pokdarwis lain di Gunungkidul yang telah berhasil mengembangkan dan memanfaatkan desa mereka untuk kepariwisataan.

Kepala Desa Candirejo, Renik David Warisman, mengapresiasi langkah Dispar DIY dan Pokdarwis Nangsri Lor yang berusaha mengembangkan wisata di Telaga Nangsri. "Kegiatan ini sebagai upaya kami untuk menyebarluaskan kepariwisataan di Candirejo bersama Dinas Pariwisata DIY, dengan harapan rintisan desa wisata ini bisa dikenal masyarakat secara luas," ujarnya.

Pemdes Candirejo, menurut Renik, mendukung dan mendorong Pokdarwis Nangsri Lor untuk terus mengembangkan potensi wisata yang ada, sehingga bisa bermanfaat bagi seluruh warga.