Gunung Merapi Meletus, Muntahkan Awan Panas Setinggi Tiga Kilometer

Visual puncak Gunung Merapi dari pos Pengamatan Gunung Merapi di Selo, Boyolali, Minggu (3/3) pagi. - Twitter/BPPTKG DIY
14 Oktober 2019 18:02 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-- Gunung Merapi mengeluarkan letusan awan panas setinggi kurang lebih 3.000 meter atau tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi, Senin (14/10/2019) pukul 16.31 WIB.

Berdasarkan keterangan dari akun Twitter Resmi BPPTKG, awan panas terekam di seismograf dengan durasi 270 detik dan amplitudo sebesar 75 mm. "Angin bertiup ke arah Barat Daya," kata BPPTKG, Senin.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Makwan mengatakan abu masih dalam pantauan karena mengikuti arah angin. "Masih dalam pantauan, di wilayah Kepuharjo, Kaliurang, dan Glagaharjo belum ada hujan abu," ujar Makwan.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com Senin (14/10/2019), hujan abu sudah terjadi di wilayah Salamsari, Kecamatan Srumbung, Magelang.

BPBD kabupaten Sleman, lanjut Makwan, juga masih memantau pergerakan hujan abu yang kemungkinan terjadi di wilayah Kabupaten Sleman.