Desa Sabdodadi Peringati Hari Jadi dengan Gelar Wisata Budaya

Foto ilustrasi. - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
20 Oktober 2019 02:17 WIB Nina Atmasari Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Pemerintah Desa Sabdodadi Bantul didukung Dinas Pariwisata DIY menyelenggarakan Gelar Wisata Budaya dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-96 Desa Sabdodadi. Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada Minggu (20/10/2019).

“Gelar wisata budaya akan dilaksanakan mulai pukul 12.00 WIB di Kompleks Balai Desa Sabdodadi. Acara dimulai dengan kirab budaya, dimeriahkan dengan kesenian gejok lesung, tari-tarian, sholawatan dan pagelaran wayang kulit,” jelas Lurah Desa Sabdodadi, Siti Fatimah.

Ia menuturkan sejak berdiri tahun 1923 dengan lima padukuhan, Desa Sabdodadi berkomitmen untuk menjadi desa mandiri budaya. Desa ini juga telah menyandang sebagai desa budaya berdasarkan SK Gubernur tahun 2017 dan berpredikat desa maju atas SK Bupati Bantul.

“Selain wisata budaya yakni kirab budaya, pada hari itu pula masyarakat dapat menikmati wisata Kolingin dan wisata Ngepreh yang sudah dikembangkan oleh pemerintah desa melalui pokdarwis setempat,” paparnya.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata DIY, Aria Nugrahadi mengatakan gelar wisata budaya ini merupakan salah satu cara untuk mengenalkan kepada wisatawan tentang keberadaan Desa Sabdodadi.

“Dengan pengemasan secara meriah dan menarik, diharapkan kegiatan ini akan menarik kunjungan wisatawan. Efek positifnya, kesejahteraan warga juga akan meningkat,” tutur Aria.