Advertisement

Catat Tanggalnya, Ini Dia Jadwal Tour de Prambanan 2019

Hafit Yudi Suprobo
Selasa, 22 Oktober 2019 - 23:17 WIB
Arief Junianto
Catat Tanggalnya, Ini Dia Jadwal Tour de Prambanan 2019 Kepala Dinas Pariwisata Sleman Sudarningsih (kiri) berfoto bersama Event Ambassador Tour de Prambanan Doni Tata Pradita di Sleman City Hall, Senin(21/10/2019). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman akan kembali menggelar event olahraga Tour de Prambanan 2019, Minggu (27/10/2019). Tahun ini, event tersebut sudah kali ketiga digelar oleh Dispar Sleman.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Sudarningsih mengatakan penyelenggaraan Tour de Prambanan 2019 akan berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya. Untuk tahun ini jarak yang ditempuh mencapai 115 kilometer (km), berbeda dengan tahun sebelumnya yang hanya sekitar 100 kilometer. “Perubahan jarak tempuh ini menjadi salah satu tantangan baru bagi para peserta Tour de Prambanan 2019,” ucap dia, Senin (21/10/2019).

Advertisement

Dia menambahkan sampai saat ini, jumlah peserta Tour de Prambanan 2019 sudah mencapai sekitar 668 orang. Jumlah tersebut, menurut dia sudah melebihi target yang ditetapkan yaitu 500 peserta. “Peserta tidak hanya perorangan, tetapi juga terdapat 129 klub atau komunitas road bike Indonesia yang turut serta dalam Tour de Prambanan 2019,” ujar dia.

Ketua Pelaksana Tour de Prmbanan 2019, Ferry Dwi Harnanto mengatakan peserta dalam TDP 2019 dibagi menjadi dua kategori yaitu race dan non-race. “Kelas race mempertandingkan kejuaraan khusus King and Queen of Mountain di mana peserta akan diadu kekuatan dan kecepatan untuk rute mendaki dengan jarang tempuh enam kilometer,” kata dia.

Sementara untuk kategori non-race, peserta akan mengikuti rute yang disiapkan yaitu start di lapangan Shiwa, kompleks Candi Prambanan menuju titik pemberhentian pertama di Lapangan Hunian Tetap Huntap Pagerjurang Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan. Selanjutnya yaitu menuju titip pemberhentian kedua di Kecamatan Minggir dan titik ketiga di Lapangan Pemda Sleman.

Dia menjelaskan perbedaan dari rute kedua kategori tersebut terletak pada titik pemberhentian pertama yaitu Lapangan Huntap Pagerjurang Kepuharjo. Untuk kategori race akan beradu kekuatan menuju Goa Jepang di Kaliurang, sementara non-race akan langsung melanjutkan perjalanan ke titik pemberhentian selanjutnya.

Dalam event yang mengusung tema Sport and Tourism for Better Future tersebut, hadiah yang diperebutkan mencapai total Rp45 juta. Selain itu masih ada trofi dan berbagai doorprize yang bisa dibawa pulang oleh peserta.

Event Ambassador Tour de Prambanan 2019 Doni Tata Pradita mengatakan senang sekali menjadi event ambasador. Dia memang biasa menggunakan road bike guna menjaga stamina. "Saya akan ikut meramaikan dan gowes sekaligus menjadi road captain, saya sangat senang dan tidak sabar," ujar Doni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement