Logistik Pilkades Wajib Kelar Sepekan Sebelum Pencoblosan

Ilustrasi. - Antara
28 Oktober 2019 15:12 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Panitia pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang digelar di 56 desa mulai mencetak surat suara. Diharapkan urusan logistik pemilihan dapat diselesaikan sepekan sebelum pencoblosan digelar.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Muhammad Farkhan, mengatakan persiapan untuk pilkades tahun ini terus dilakukan agar pelaksanaan berjalan sukses. Adapun tahapan saat ini pembentukan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Selain itu panitia di tingkat desa juga mulai mencetak surat suara. “Masih dalam proses dan mudah-mudahan bisa segera selesai karena berpengaruh dalam kelancaran dalam pemilihan,” kata Farkhan, Senin (28/10/2019).

Khusus untuk logistik, dia berharap dapat selesai dalam sepekan sebelum pencoblosan. Untuk pengadaan logistik tidak semua diurusi panitia pilkades karena ada bantuan pengadaan dari pemkab seperti kotak suara, alat pencoblosan dan formulir untuk rekapitulasi suara. “Apa yang menjadi kewenangan kami sudah dipersiapkan. Kami juga berharap agar surat suara segera dicetak dan selesai sepekan sebelum hari H pemilihan,” katanya.

Menurut Farkhan, urusan surat suara diserahkan ke panitia untuk menghindari adanya salah cetak serta salah pendistribusian ke masing-masing desa. “Penyelenggaraan di tahun lalu jadi evaluasi sehingga urusan surat suara diserahkan sepenuhnya ke desa,” katanya.

Selain mempersiapkan kebutuhan logistik, panitia juga menetapan jadwal kampanye. Rencananya kampanye dilaksanakan selama tiga hari mulai 17-19 November 2019. “Sudah ada jadwalnya dan tinggal pelaksanaan,” katanya.

Anggota Panitia Pilkades Desa Wonosari, Kecamatan Wonosari, Saryanto, optimistis urusan logistik dapat selesai sepekan sebelum pemilihan. Untuk pengadaan, panitia hanya mengurusi undangan pemilih dan surat suara. “Surat suara dalam proses pencetakan sehingga kami yakin bisa selesai sesuai target,” kata Saryanto.

Disinggung mengenai anggota KPPS, Saryanto mengakui juga masih dalam proses. Ia menyakini pada awal November sudah terbentuk sehingga tinggal pelaksanaan pembekalan sebelum bertugas selama pemilihan. “Semua lancar dan harapannya hingga tahapan selesai semua berjalan dengan baik,” kata mantan Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul ini.