PDIP Mungkin Bakal Mesra dengan Gerindra di Pilkada Bantul

Ilustrasi Pilkada
29 Oktober 2019 20:37 WIB Kiki Luqmanul Hakim (ST16). Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL–- Ketua DPC PDIP Bantul, Joko Purnomo, menyampaikan dalam Pilkada 2020 pihaknya sangat berharap bisa berkoalisi dengan partai politik lain. Tidak menutup kemungkinan PDIP akan berkoalisi dengan Partai Gerindra.

“Ini kami ngomong masalah kemungkinan kan, jadi ya mungkin saja PDI koalisi sama Gerindra atau partai lainnya, karena politik itu kan tidak harus baku, semua kemungkinan bisa saja terjadi,” kata Joko ketika dihubungi pada Senin (28/10/2019).

Ia juga menyampaikan PDIP pusat akan mengeluarkan rekomendasi nama calon bupati yang diusung pada kisaran Januari tahun depan. Sedangkan sejauh ini pihak Joko telah menjaring lima nama yang bakal maju di Pilkada 2020.

Nama-nama tersebut di antaranya adalah Wakil Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Bambang Wisnu Handoyo, Joko Purmomo, Kusila dan Agus Santoso. “Lima nama itu termasuk saya sudah ikut fit and proper test, tapi tidak menutup kemungkinan juga DPP merekomendasikan nama di luar lima itu,” jelas Joko.

DPP PDIP kata dia dalam mengeluarkan rekomendasi tidak sembarangan, semuanya menggunakan perhitungan yang berdasarkan survei di lapangan. Joko sendiri sudah melaporkan pemetaan politik kepada DPP di Jakarta.

“Jadi seperti itu, yang jelas kelima nama yang ikut fit and proper test memiliki peluang yang sama dan tidak ada yang diprioritaskan. Kami masih menunggu surat rekomendasi dari DPP pada tahun depan,” kata Joko.