PLN Tegaskan Pentingnya Integritas

Penandatangan pakta integritas oleh PLN - Ist/PLN
05 November 2019 18:37 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- PLN terus berkomitmen untuk membangun budaya integritas dalam seluruh proses ketenagalistrikan. Budaya integritas tersebut disosialisasikan secara berkala oleh PLN kepada seluruh mitra kerja.

Upaya dalam menjaga integritas tersebut dilakukan bersama mitra kerja dalam acara Collective Action Tahun 2019, Senin(4/11/2019) di Lantai 5 Ruang Malioboro, Kantor PLN UP3 Yogyakarta.

Manajer Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta, Eric Rossi Pryo Nugroho, mengatakan Collective Action merupakan sebuah upaya PLN dalam menegaskan komitmen untuk membangun budaya integritas yang berdasarkan pada aturan yang berlaku dalam Good Corporate Governance.

“PLN tidak dapat bekerja sendiri untuk menumbuhkan budaya integritas, tetapi harus didukung oleh seluruh mitra kerja," jelas Eric.

Potensi gratifikasi pada proses bisnis distribusi mulai dari pengadaan barang dan jasa, pembacaan meter, P2TL dan lain sebagainya harus dicegah. Divisi Manajemen Risiko sudah menyiapkan aplikasi COS (Compliance Online System)yang dapat diakses oleh seluruh pegawai

Pada acara tersebut dilakukan sosialisasi Pengendalian Gratifikasi oleh Ketua Tim Kepatuhan Rina Wijayanti. "Kegiatan ini pernah dilakukan pada tahun 2018, sehingga dengan dilakukan secara periodik diharapkan seluruh insan PLN, mitra kerja dan stakeholder dapat lebih memahami dan menjadikannya sebagai budaya integritas sehingga mencegah adanya pelanggaran integritas baik itu korupsi, kolusi,nepotisme, suap maupun gratifikasi," kata Rina.

Dijelaskan bahwa Internalisasi Gratifikasi diberikan kepada insan PLN, pegawai beserta pasangan, mitra kerja dan stakeholder.

Selain tentang gratifikasi juga dilaksanakan sosialisasi tentang K2K3. Diingatkan bahwa tidak ada yang lebih berharga dari jiwa manusia.

Acara ditutup dengan penandatanganan Pakta Integritas dengan Mitra Kerja dan penandatanganan Komitmen SMK3 dengan mitra kerja dan Kebijakan SMK3 dengan Serikat Pekerja PLN.

Penandatangan Pakta Integritas ini merupakan komitmen bersama antara PLN dan mitra kerja untuk membangun integritas dan gerakan anti korupsi dalam seluruh proses bisnis ketenagalistrikan .