JVWF 2019: Jadi Lucky Draw, VW Beetle Seri 1303 Siap Dibawa Pulang

Panitia berpose bersama mobil VW Beetle yang bakal jadi lucky draw dalam acara Jogja Volkswagen Festival 2019. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi
06 November 2019 22:17 WIB Arief Junianto Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebuah mobil volkswagen (VW) Beetle seri 1303 keluaran 1974 yang sudah direstorasi dengan style German Look siap jadi milik pengunjung Jogja Volkswagen Festival (JVWF) 2019 yang beruntung. Sejak awal panitia JVWF tahun ini memang sudah menyiapkan konsep German Look sebagai tema utama lucky draw.

Saat jumpa pers JVWF 2019 yang digelar di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention, Rabu (6/11), Ketua Pelaksana JVWF 2019 Tjahjo Widjodjono mengatakan mobil yang jadi lucky draw produksi Jerman itu sengaja dimodifikasi di berbagai bagian. “Jadi mobil memang sudah tidak standar pabrik lagi. Namun VW Beetle ini tetap aman, nyaman dan layak dikendarai di jalan raya,” ujar dia melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Rabu.

Mobil lucky draw tersebut, imbuh Tjahjo, merupakan hasil kerja sama banyak pihak. Di antaranya adalah keluarga besar Volkswagen Club Yogyakarta (VCY) untuk pengadaan mobilnya, dan sejumlah bengkel di Jogja seperti Concept Classic, Rohmat Bengkel, Is Interior, Pak Cip Electrical,

Griya VW, dan Smartvolks untuk proses restorasinya.

Tak hanya itu, beberapa pihak dari luar negeri juga terlibat untuk mendukung beberapa part VW Beetle tersebut, di antaranya adalah Heritage Parts Centre (Inggris), Flat-4 (Jepang), dan Retro Road Trips (Belgia). “Kami bergotong-royong untuk mempersembahkan yang terbaik, dan secara khusus kami mengapresiasi serta berterima kasih atas dukungan dan kerjasamanya, effort teman-teman ini sangat luar biasa,” kata dia.

Panitia Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) JVWF 2019, Sutoto, mengatakan lucky draw akan diberikan secara gratis kepada pengunjung JVWF 2019 yang beruntung tanpa dipungut biaya.
“Syaratnya hanya datang ke acara JVWF 2019 yang digelar di JEC, pada 9-10 November 2019,” ujar dia.

Selain lucky draw, di JVWF 2019, banyak aktivitas yang bisa menjadi alternatif hiburan bagi pengunjung. Sebut saja misalnya di area indoor ada kontes dan display mobil VW baik klasik dan kustom.

Istimewanya, kata dia, di JVWF 2019 bakal dipamerkan mobil VW Beetle Cop Top 52 yang datang dari Flat-4 Jepang; VW tipe bus deluxe dari Belgia; juga ada beberapa karya anak bangsa, di antaranya sebuah replika mobil Porsche type 64 dengan full body aluminium yang dibuat secara handmade. “Ada juga Intersport Island yang merupakan ajang display mobil VW pilihan Intersport, ucap dia.

Kunjungan Wisatawan

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo mengatakan JVWF 2019 diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke Jogja. Tercatat ada perwakilan klub penggemar VW dari sekitar 15 negara hadir dalam acara tersebut. “Potensi wisata di DIY sangat beragam, tetapi untuk merealisasikan peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara diperlukan pancingan daya tarik yang lebih. JVWF ini salah satu contohnya, ini sangat menggembirakan,” ucap Singgih.

GM The Alana Yogyakarta Hotel & Convention, Syaiful Manan menyampaikan bahwa perlu diciptakan destinasi wisata baru yang bisa menjadi magnet bagi wisatawan manca negara, bisa saja itu wisata alam, budaya atau event semacam JVWF. “DIY potensinya besar, tetapi perlu ditambah deistinasi yang baru agar tidak stagnan, destinasi itu bisa saja wisata alam, budaya atau event seperti JVWF ini”.