Pergi ke Ladang, Tugiyo Ditemukan Tewas dengan Kondisi Mengenaskan

Warga bersama petugas SAR Wilayah Operasi 1 Gunungkidul mengevakuasi jenazah Tugiyo, Minggu (17/11/2019) malam. - Ist/ Dok SAR
18 November 2019 12:37 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL - Niat pergi ke ladang miliknya sejak pagi, Tugiyo, 80, yang merupakan warga Wonotoro RT 03 RW 09, Desa Pucung, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul ditemukan tak bernyawa oleh salah satu keluarganya pada Minggu (17/11/2019) sore. Jasad korban ditemukan berada di bukit alas Trasan Wonotoro.

Kronologi kejadian, korban pamit kepada keluarga untuk ke ladang pada pukul 08.00 WIB pagi. Namun, hingga azan magrib bekumandang korban tak kunjung pulang. Pihak keluarga yang khawatir lantas melakukan pencarian korban.

"Keluarga melakukan pencarian, kemudian mendapatkan informasi dari salah satu warga bahwa ada orang yang membakar lahan di bukit alas trasan," kata Koordinator SAR Wilayah Operasi 1 Gunungkidul, Sunu Handoko melalui pesan tertulis yang diterima pada Senin (18/11/2019) pagi.

Setelah mendapatkan informasi tersebut, lantas pihak keluarga mencari korban sesuai arahan warga tersebut. Sekira pukul 18.30 WIB, keluarga berhasil menemukan korban. Namun, nahas korban saat ditemukan dalam kondisi tak bernyawa.

"Keluarga korban langsung melapor ke pemerintah desa dan diteruskan ke polsek setempat," kata Sunu.

Pihaknya mendapatkan laporan tersebut, kemudian bersama Tagana dan tim lainnya menuju lokasi untuk melakukan evakuasi. Dengan dibantu oleh Satlinmas Rescue Istimewa Wil Operasi 1, Polsek Girisubo, Puskesmas, Tagana dan warga sekitar, korban berhasil dievakuasi pukul 20.00 WIB.

"Setelah evakuasi korban di bawa ke rumah duka dan di lakukan pemeriksaan oleh medis," ujarnya.

Hasil pemeriksaan awal, tim medis mendapati luka benturan yang ada di kepala, lecet kaki dan tangan hingga mengalami luka bakar yang serius. "Hasil tim medis ada luka benturan di kepala, dan lecet pada kaki dan tangan dan luka bakar 90% di seluruh tubuh," pungkasnya.