Hujan Tak Kunjung Turun, Bunga Amarilis di Patuk Telat Mekar

Karsih, pemilik taman bunga amarilis di Dusun Ngasemayu, Desa Salam, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, tengah merawat taman miliknya, Rabu (20/11/2019). - Harian Jogja/Muhammad Nadhir Attamimi
20 November 2019 20:57 WIB Muhammad Nadhir Attamimi Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Hujan yang tak kunjung turun membuat tanaman bunga amarilis (amaryllis spp) milik warga di Kecamatan Patuk belum mekar sepenuhnya. Akibatnya, bunga yang seharusnya bisa dinikmati keindahannya saat pertengahan November harus mundur hingga hujan turun secara merata.

Salah seorang pemilik taman bunga amarilis, Karsih, 51, warga Dusun Ngasemayu, Desa Salam, Kecamatan Patuk, mengaku bunga amarilis yang ditanam belum sepenuhnya berbunga. Bahkan saat ini, banyak tanaman yang belum tumbuh dengan sempurna.

"Seharusnya pada pertengahan November semua tanaman sudah berbunga, tapi karena hujan belum turun merata, belum semua tanaman tumbuh" kata Karsih saat ditemui di lahan miliknya, Rabu (20/11/2019).

Menurutnya, saat seluruh tanaman berbunga sempurna, kebun miliknya menjadi objek wisata dadakan. Sejumlah wisatawan bakal berdatangan untuk berfoto dengan latar bunga amarilis yang mekar. “Setiap pengunjung yang foto membayar Rp10.000. Uangnya kami gunakan untuk pemeliharaan kebun,” katanya.