Perpustakaan Desa Condongcatur Resmi Dibuka

Para pelajar membaca buku di Perpusdes Condongcatur Pustaka Loka, Kamis (21/11/2019). - Istimewa/Pemkab Sleman
22 November 2019 13:57 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--

Perpustakaan desa yang bernama Pustaka Loka tersebut diresmikan oleh Bupati Sleman Sri Purnomo, Kamis (21/11).

Sri Purnomo berharap keberadaan perpustakaan tersebut bisa meningkatkan gerakan minat baca di masyarakat. Dia juga berharap komitmen Desa Condongcatur tersebut dapat dicontoh oleh pemdes lain sehingga meningkatkan minat baca generasi muda serta seluruh komponen masyarakat.

Menurut dia, peresmian perpustakaan tersebut menjadi momentum yang strategis untuk mendukung minat masyarakat dalam memperluasan wawasan dan pengetahuannya dengan membaca.

“Kebiasaan membaca tidak tercipta begitu saja, dibutuhkan upaya pembiasaan diri secara konsisten. Oleh karena itu, seluruh pihak agar memulai gerakan literasi dengan membiasakan anak membaca minimal 15 menit setiap harinya," kata Sri.

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sleman Arif Haryono mengatakan Condongcatur menjadi salah satu rintisan Desa Gemar Membaca. Tujuannya untuk meninngkatkan pengelolaan perpustakaan dan membudayakan gemar membaca kepada masyarakat.

‘Kriteria rintisan Desa Gemar Membaca, di antaranya harus memenuhi sejumlah persyaratan. Mulai dari aspek organisasi dan SOTK, gedung dan sarpras, koleksi bahan perpustakaan, perlengkapan dan peralatan, sistem/mode, anggaran dan tenaga,” ucap dia.