PDAM Sleman Siap Ambil Alih 6.150 Pelanggan dari Jogja

Ilustrasi. - Reuters
24 November 2019 08:17 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Direktur PDAM Sleman Dwi Nurwata mengatakan pada tahun 2021, PDAM Sleman siap untuk mengelola kembali ribuan pelanggan di wilayah kecamatan Depok yang saat ini berlangganan PDAM Kota Jogja.

Sedikitnya 6.150 warga Kabupaten Sleman saat ini masih masuk dalam data pelanggan PDAM Tirtamarta Kota Jogja. 

Dwi mengatakan pelanggan yang masuk database PDAM Kota Jogja sebagian besar ada di daerah Kecamatan Ngaglik ke selatan sampai wilayah Depok. 

Adapun, sebagian jaringan pipa milik PDAM Jogja ada yang tertanam di sepanjang jalur itu, khususnya seputaran Jalan Kaliurang.

"Targetnya tahun 2020 proses pengalihan bisa diselesaikan dan tahun 2021 sudah beralih ke Sleman, berdasarkan dari hasil rapat dengan Komisi B DPRD Sleman," ungkap Dwi Nurwata, Sabtu (23/11/2019).

Untuk melangkah jauh, menurut dia, perlu terlebih dahulu disiapkan regulasi yang matang. Langkah tersebut perlu diambil karena pengalihan itu juga akan memberikan pengaruh terhadap cakupan layanan PDAM Jogja. 

"Kedua belah pihak pun sama-sama hanya bisa menunggu kesepakatan dari para pemangku kepentingan di level eksekutif dan legislatif," ujarnya.

Dwi menyatakan mampu menerima pengalihan pelanggan tersebut. Warga Sleman yang menjadi pelanggan kota tidak lepas dari runtutan sejarah PDAM Tirtamarta yang lebih awal dibandingkan PDAM Tirta Sembada. 

"Tidak masalah, toh, supaya di kemudian hari tidak terjadi tumpang tindih dalam hal layanan, baik secara teknis maupun administrasi," ujarnya.

Dwi menjelaskan, upaya pengalihan itu tentunya masih akan dikoordinasikan dengan kedua belah pihak. "Tapi secara umum, Direktur PDAM Kota dan Sleman tidak ada masalah. Kami sebagai operator siap-siap saja, yang penting bagaimana langkahnya," terang Dwi.

Ketua Komisi B DPRD Sleman Nurhidayat juga menegaskan jika ribuan pelanggan PDAM Kota yang notabene warga Sleman di wilayah kecamatan Depok itu bisa ditarik lagi untuk berlangganan PDAM Sleman. 

"Artinya selama ini pelanggan PDAM di Depok itu berlangganan dengan PDAM kota, sudah dua tahun ini sudah saya minta untuk dikembalikan kalau itu masuk," tutupnya.