Tradisi Dilestarikan lewat Gelar Budaya

Anak-anak menampilkan Tari Kotak Ayu dalam Atraksi Gelar Budaya di Dusun Demangan, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Sabtu (23/11/2019). - Harian Jogja/Kiki Luqmanul Hakim
26 November 2019 21:17 WIB Kiki Luqmanul Hakim Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul bekerja sama dengan warga Dusun Demangan, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, menggelar acara bertajuk Atraksi Gelar Budaya, Sabtu (23/11/2019).

Acara tersebut digelar untuk meningkatkan kerukunan warga Demangan serta memperkenalkan budaya kepada generasi penerus yang ada di daerah tersebut. "Kami dari panitia sangat ingin memberikan pertunjukan serta hiburan yang sangat murah dan bermanfaat bagi warga Demangan, dalam acara ini kami juga menyelenggarakan pergelaran wayang kulit berlakon Anoman Neges dengan dalang Slamet Hadi," kata Kepala Dusun Demangan, Sariyana, saat ditemui di lokasi acara, Sabtu.

Menurut Sariyana, selain wayang kulit pihaknya juga mempertunjukan sebuah tarian-tarian Jawa yang memiliki filosofi tertentu dan sangat bermanfaat bagi warga. Selanjutnya penonton juga menikmati pertunjukan bregada prajurit yang menggunakan latar belakang zaman kerajaan. "Kalau untuk dagelan atau biasa hiburan agar ketawa kita mendatangkan Pak Kantong, dia itu sangat ahli di bidang komedi dan humor. Kalau yang prajurit itu tugasnya untuk menyerahkan wayang kepada dalang yang akan memainkan dan iringi musik," katanya.

Kepala Bidang Destinasi Dispar DIY, Wardoyo, mengatakan Dispar DIY sangat bersyukur karena masih ada warga dan pemerintah desanya yang mau menggelar acara seperti ini. "Kalau acara-acara seperti selalu kami dukung karena ini sangat positif, apalagi acara yang tujuannya untuk menjaga budaya serta memperkenalkan budaya kepada generasi penerus," ujarnya.

Wardoyo berharap setelah acara ini berlangsung warga Dusun Demangan mampu mencintai budaya dan juga mau menjaga serta memperkenalkan kepada anak cucunya kelak.