Advertisement

Tradisi Dilestarikan lewat Gelar Budaya

Kiki Luqmanul Hakim
Selasa, 26 November 2019 - 21:17 WIB
Arief Junianto
Tradisi Dilestarikan lewat Gelar Budaya Anak-anak menampilkan Tari Kotak Ayu dalam Atraksi Gelar Budaya di Dusun Demangan, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Sabtu (23/11/2019). - Harian Jogja/Kiki Luqmanul Hakim

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul bekerja sama dengan warga Dusun Demangan, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, menggelar acara bertajuk Atraksi Gelar Budaya, Sabtu (23/11/2019).

Acara tersebut digelar untuk meningkatkan kerukunan warga Demangan serta memperkenalkan budaya kepada generasi penerus yang ada di daerah tersebut. "Kami dari panitia sangat ingin memberikan pertunjukan serta hiburan yang sangat murah dan bermanfaat bagi warga Demangan, dalam acara ini kami juga menyelenggarakan pergelaran wayang kulit berlakon Anoman Neges dengan dalang Slamet Hadi," kata Kepala Dusun Demangan, Sariyana, saat ditemui di lokasi acara, Sabtu.

Advertisement

Menurut Sariyana, selain wayang kulit pihaknya juga mempertunjukan sebuah tarian-tarian Jawa yang memiliki filosofi tertentu dan sangat bermanfaat bagi warga. Selanjutnya penonton juga menikmati pertunjukan bregada prajurit yang menggunakan latar belakang zaman kerajaan. "Kalau untuk dagelan atau biasa hiburan agar ketawa kita mendatangkan Pak Kantong, dia itu sangat ahli di bidang komedi dan humor. Kalau yang prajurit itu tugasnya untuk menyerahkan wayang kepada dalang yang akan memainkan dan iringi musik," katanya.

Kepala Bidang Destinasi Dispar DIY, Wardoyo, mengatakan Dispar DIY sangat bersyukur karena masih ada warga dan pemerintah desanya yang mau menggelar acara seperti ini. "Kalau acara-acara seperti selalu kami dukung karena ini sangat positif, apalagi acara yang tujuannya untuk menjaga budaya serta memperkenalkan budaya kepada generasi penerus," ujarnya.

Wardoyo berharap setelah acara ini berlangsung warga Dusun Demangan mampu mencintai budaya dan juga mau menjaga serta memperkenalkan kepada anak cucunya kelak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 7 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement