Pasar Piyungan Bakal Dijadikan Pasar Sehat

Kepala Seksi Promosi dan Kemitraan Disdag Bantul, Kun Ernawati. - Harian Jogja/Kiki Luqmanul Hakim
26 November 2019 21:37 WIB Kiki Luqmanul Hakim Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Perdagangan (Disdag) Bantul berkomitmen menjadikan Pasar Piyungan sebagai pasar yang bersih dan juga sehat untuk para pembeli dan juga konsumennya.

Kepala Seksi Promosi dan Kemitraan Disdag Bantul, Kun Ernawati, mengatakan pengertian pasar sehat adalah kondisi pasar yang bersih dan nyaman bagi penjual dan juga pembeli. "Pengertian pasar sehat itu sebenarnya untuk para penjual dan pembeli merasa aman dan nyaman serta bersih tentunya ketika berada di lingkungan pasar. Produk yang dijual pun juga harus aman dan bergizi bagi masyarakat," katanya kepada Harian Jogja, Selasa (26/11/2019).

Menurutnya tujuan dari pasar sehat itu adalah tersedianya pasar dengan infrastruktur yang memenuhi kesehatan lalu agar pengelola pasar memenuhi syarat kesehatan serta kesinambungan.

Dengan terwujudnya pasar sehat nanti ada beberapa pihak yang akan diuntungkan, di antaranya ialah produsen primer, pedagang, pemerintah daerah, manajer pasar, masyarakat sekitar pasar, konsumen dan juga para penjual.

"Langkah-langkah yang kami lakukan untuk mewujudkan itu semua adalah kita memerlukan kesepakatam dan dukungan dari para stakeholder terkait di dalamnya untuk memberikan sosialisasi tentang pasar sehat, sejauh ini kami masih terus melakukan sosialiasai," jelasnya.

Sementara itu Lurah Pasar Piyungan Suhadi mengatakan pihaknya sangat mendukung wacana disdag Bantul tersebut, menurutnya dengan adanta wacana tersebut pihaknya juga akan ikut berperan dalam mensosialisasikan pasar sehat kepada warga pasar.

"Kami memang sudah mendengan wacana itu tapi kan kita masih dan terus mensosialisasikan hal tersebut kepada warga pasar agar nanti setelah jadi pasar sehat mereka tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak pasar sehat tersebut," katanya.