Ini Manfaat Kenalkan Kebiasaan Membaca sejak Dini

Ibu mendampingi buah hati belajar membaca belum lama ini./ Ist. - Olifant School
05 Desember 2019 09:22 WIB Kusnul Isti Qomah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kegiatan yang terus didengungkan untuk meningkatkan literasi adalah meningkatkan minat baca sejak dini. Diharapkan dengan kebiasaan membaca pada anak-anak diterapkan dari kecil akan mengembangkan pengetahuan dan kepekaan anak-anak mengolah sebuah informasi.

Mariana Hastuti, Marketing Communication Olifant School mengungkapkan minat baca pada anak-anak memang perlu ditumbuhkan dari awal. Adanya masukan gawai dan berbagai aplikasi di gawai yang sangat menarik untuk anak-anak, menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua dalam membiasakan kegemaran membaca bagi anak-anak. "Hal yang perlu disadari adalah apabila orang tua dapat memiliki waktu membaca dan bercerita bersama dengan anak-anak sejak dini banyak hal positif yang didapatkan," kata dia, Rabu (4/12).

Meluangkan waktu untuk membaca buku dan bercerita kepada anak-anak secara tidak langsung membangun komunikasi dengan anak-anak. Dari hal tersebut mereka juga belajar untuk berkomunikasi serta mengungkapkan ide, pendapat ataupun gagasan. "Mendorong mereka untuk menceritakan kembali buku yang dibaca dengan cara mereka sudah barang tentu akan melatih kemampuan mereka untuk berkomunikasi," ujar dia.

Kegiatan membaca buku dengan anak-anak sejak dini juga membantu anak-anak untuk menambah dan memperkaya kosakata bahasa. Terlebih lagi, sekarang banyak buku yang sudah tersedia bagi anak-anak yang dibuat sangat menarik dan ramah dengan anak. "Mendengarkan orang tua mengucapkan dan kemudian belajar mengucapkan kembali kosakata yang didapat akan membiasakan anak-anak untuk mengenal berbagai kata dan pemahaman baru," papar dia. 

Kebiasaan yang Runtut

Sejak dini, anak-anak dapat belajar mengenal huruf, kosakata belajar mengeja atau bentuk kata (sight word). Membaca buku anak-anak belajar untuk mempelajari struktur bahasa yang runtut. Hal ini akan membantu anak-anak terbiasa untuk menyampaikan pendapatkan dengan cara yang runtut.

Hal yang penting juga didapatkan pada saat memiliki kebiasaan membaca adalah membangun kebiasaan mencari tahu dan haus akan ilmu pengetahuan di masa mendatang.

Olifant melihat hal ini juga merupakan sesuatu yang perlu terus dikembangkan. Selain untuk mengembangkan hal-hal tersebut di atas, juga dapat membangun kedekatan dengan anak. "Setiap akhir bulan, Olifant Preschool mengadakan kegiatan Family Reading Day, pada hari tersebut orang tua bersama dengan anak dan teman-teman lain di sekolah membaca buku bersama-sama," ujar dia.

Anak dan orang tua dapat membawa buku dari rumah atau membaca buku yang tersedia di perpustakaan sekolah. Kegiatan ini rutin dilakukan sebagai bentuk program literasi sejak dini. Kegiatan ini disambut baik oleh anak-anak dan orang tua. Dari program ini, orang tua juga menunjukkan komitmen untuk mendampingi perkembangan putra putrinya di sekolah.