211 Siswa Berprestasi Terima Beasiswa dari Pemkab Sleman

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun (dua dari kiri) menyerahkan beasiswa kepada siswa berprestasi di Pendopo Pemkab Sleman, Rabu (11/12). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
11 Desember 2019 17:57 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Sebanyak 211 siswa berprestasi tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menenengah pertama (SMP) menerima beasiswa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman, Rabu (11/12/2019).

Kabid Pembinaan SMP Dinas Pendidikan (Disdik) Sleman, Dwi Warni Yuli Astuti mengatakan beasiswa yang diberikan kepada siswa-siswi yang berprestasi baik tingkat kabupaten maupun internasional tersebut bersumber dari APBD Sleman. “Total nilainya mencapai Rp333,3 juta,” ujar dia, Rabu.

Adapun rincian penerima beasiswa, empat orang siswa berprestasi tingkat internasional, delapan orang siswa berprestasi tingkat nasional, 40 orang siswa berprestasi tingkat provinsi dan 159 siswa berprestasi tingkat kabupaten. "Beasiswa ini kami berikan sebagai bentuk apresiasi bagi siswa-siswi berprestasi di bidang akademik dan nonakademik selain olahraga agar dapat meningkatkan prestasinya," kata Dwi.

Besaran nilai beasiswa yang diberikan kepada masing-masing siswa, kata dia, berbeda-beda. Bagi siswa yang di tingkat kabupaten, untuk peraih juara I menerima beasiswa sebesar Rp1 juta; juara II Rp800.000; dan juara III Rp600.000. Bagi prestasi di tingkat provinsi, peraih juara I menerima beasiswa sebesar Rp1,75 juta; juara II Rp1,5 juta; dan juara III sebesar Rp1,25 juta.

Bagi siswa berprestasi di tingkat nasional, peraih juara I menerima beasiswa sebesar Rp3,5 juta; juara II Rp3 juta; dan juara III Rp2,5 juta, sedangkan bagi yang berprestasi di tingkat internasional, peraih juara I menerima beasiswa sebesar Rp4,5 juta; juara II Rp4,25 juta; dan juara III Rp4 juta.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun berharap pemberian beasiswa ini dapat memotivasi para siswa untuk meningkatkan prestasinya di masa mendatang. Dia berharap, prestasi yang telah diraih dapat ditiru oleh siswa siswi lainnya sehingga mutu pendidikan di Sleman juga dapat terus meningkat. "Saya bangga dan bahagia menyaksikan semakin banyaknya anak-anak kita yang berprestasi di berbagai bidang. Hal ini menunjukkan generasi muda kita memiliki potensi besar dan tidak kalah dengan daerah lain," kata Muslimatun.

Dia juga mengingatkan agar orang tua terus memotivasi dan menfasilitasi anak-anak mereka untuk meraih prestasi yang lebih baik. Perhatian dan kasih sayang menurutnya sangat penting untuk menghindarkan anak-anak dari pergaulan yang salah. "Pada dasarnya prestasi anak didik dimulai dari lingkungan keluarga yang kondusif," ucap dia.