Advertisement

Hendak Memangsa Ayam, Ular Piton Sepanjang 3,5 Meter Berhasil Ditangkap Warga

Jalu Rahman Dewantara
Sabtu, 21 Desember 2019 - 13:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Hendak Memangsa Ayam, Ular Piton Sepanjang 3,5 Meter Berhasil Ditangkap Warga Tri Toto (Kanan) bersama keluarga dan warga Dusun Kemiri, menunjukkan ular piton yang telah berhasil ditangkap di rumahnya di Dusun Kemiri, Desa Margosari, Kecamatan Pengasih. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - Warga Dusun Kemiri, Desa Margosari, Kecamatan Pengasih, digegerkan dengan penemuan ular piton di salah satu rumah, Sabtu (21/12/2019). Ular sepanjang 3,5 meter dan berat mencapai 18 kg itu diduga hendak memangsa ayam milik Netik Subekti, warga setempat.

Netik, mengungkapkan penemuan ini berawal dari suara gaduh kokokan ayam yang ia dengar sekitar pukul 1.30 WIB. Mulanya Netik tak terlalu menghiraukan suara yang bersumber dari kandang ayam di belakang rumahnya itu. Akan tetapi suara tersebut tak kunjung berhenti. Ia lantas membangunkan suaminya, untuk mengecek apa yang terjadi.

Advertisement

"Ternyata pas dicek, di dekat kandang ayam ada ular besar, suami saya langsung cari bantuan warga sekitar untuk menangkap ular ini," ujarnya, Sabtu pagi.

Tri Toto, suami Netik, mengatakan, saat pertama melakukan pengecekan, ia melihat ular bergerak turun dari kandang ayam menuju saluran air yang tak jauh dari lokasi tersebut. Dibantu warga sekitar, ular akhirnya bisa ditangkap. Penangkapan itu berlangsung sekitar 30 menit.

"Sempat sembunyi di gorong-gorong saluran air, tapi ekornya masih keliatan, terus ditarik dua orang, pas sudah keluar langsung ditangkap bareng-bareng," ujarnya.

Tri menduga ular tersebut hendak memangsa ayam peliharaannya karena saat pertama ditemukan bergerak keluar dari kandang ayam. Beruntung tidak ada ayam yang berhasil dimangsa.

Tri mengaku baru kali ini ada ular piton ditemukan di Dusun Kemiri. Sebelumnya yang jamak ditemui di kawasan dusun ini, yaitu ular-ular sawah berukuran kecil. Adapun ular piton tersebut rencananya akan disumbangkan ke Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement