Advertisement

Nataru, Polres Bantul Siapkan Pos Pantau

Ujang Hasanudin
Minggu, 22 Desember 2019 - 08:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Nataru, Polres Bantul Siapkan Pos Pantau Ilustrasi polisi berjaga - harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Polres Bantul menyiapkan tiga pos pengamanan dan enam pos pemantau serta satu pos pelayanan dalam rangka Natal dan Tahun Baru 2020. Pos pengamanan yang terdiri dari beberapa unsur dan siaga 24 jam akan ditempatkan di Simpang Druwo, Simpang Piyungan, dan Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Parangtritis.

Sementara pos pemantau di tempatkan di Simpang Klangon Sedayu, area Bukit Bintang Piyungan, Simpang Mangunan, area wisata Becici, dan Jalan Wonelelo-Terong atau Jalur Cinomati.

Advertisement

Kapolres Bantul, AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono mengatakan Natal dan Tahun Baru ini bersamaan dengan libur sekolah sehingga dipastikan sejumlah objek wisata di Bantul bakal ramai. Pihaknya mengantisipasi kepadatan di jalur wisata terutama sepanjang Jalan Parangtritis dan Jalan Jogja-Wonosari terutama sekiar Bukit Bintang.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bantul, AKP Cerryn Nova Madang Putri mengatakan untuk tim pantau akan bersiaga untuk menatau kepadatan lalu lintas dan akan mengambil tindakan rekayasa lalu lintas sesuai kondisi di lapangan. Rencananya sepanjang Jalan Paris akan diberlakukan penutupan arus silang di sejumlah persimpangan, seperti Simpang Tembi, Simpang Manding, dan Simpang Bakulan.

Tiap persimpangan tersebut jalur yang berlaku hanya dari utara ke selatan dan sebaliknya, “Rekayasan lalu lintas ini situasional” Cherryn. Selain itu dari TPR Parangtritis juga akan dibuat satu jalur. Kendaraan yang mau keluar dari Parangtritis akan di arahkan melalui Pantai Depok.

Selain itu antrian kendaraan di pintu TPR Parangtritis juga akan direkayasan untuk menghindari penumpukan kendaraan di jembatan Kretek, “Jika terjadi antrean sampai jembatan akan disetop dulu. Jika antrean semakin panjang tidak menutup kemungkinan kami sudah kerjasama dengan Dinas Pariwisata untuk meloloskan [tanpa retribusi],” papar Cerryn.

Ia mengimbau masyarakat pengguna jalan agar selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan arahan petugas di lapangan demi kelancaran. Pihaknya juga meminta masyarakat untuk mempersiapkan diri dari sisi kondisi kendaraan, dan kesehatan diri sebelum melakukan perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pembangunan Rusun ASN di IKN Capai 40 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 05:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement