Advertisement

Bakal Dilintasi Tol Jogja, Bagaimana Nasib Fly Over Jombor?

Sunartono
Jum'at, 10 Januari 2020 - 20:57 WIB
Bhekti Suryani
Bakal Dilintasi Tol Jogja, Bagaimana Nasib Fly Over Jombor? Ilustrasi jalan tol. - JIBI/Nicolous Irawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja-Solo memastikan keberadaan fly over Jombor tidak akan tergusur keberadaan tol yang akan melintas di kawasan tersebut. Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyatakan belum menerima surat terkait dengan perubahan desain tol untuk kawasan Monjali.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja-Solo Totok Wijayanto menjelaskan saat ini Pemerintah Pusat terus melakukan kajian untuk memfinalkan perubahan desain dari elevated ke at grade di kawasan Monjali. Pada awalnya Monjali hingga fly over Jombor semuanya elevated. Namun dengan adanya usulan agar tol tidak melayang di sumbu imajiner baru-baru ini maka desain diubah total di kawasan tersebut.

Advertisement

"Ini masih dikaji terus karena ada [underpass] Kentungan, [fly over] Jombor, masih direncanakan lagi kemarin hasil pertemuan terakhir belum ada kepastian, tetapi sementara untuk Jombor ya dipertahankan [tidak tergusur] karena bangunan sudah ada," katanya kepada Harianjogja.com, Jumat (9/1/2020).

Totok menjelaskan revisi desain itu dilakukan tidak sekedar merubah dari melayang menjadi jalan darat, namun banyak yang harus dipertimbangkan terutama keindahan bangunan. Mengingat tol merupakan bangunan untuk jangka panjang sehingga kondisi fisiknya jangan sampai justru membuat kondisi semrawut tata kota. Oleh karena itu tim perencana sedang membuat revisi desain sebaik mungkin.

"Kalau sekadar menghindari sumbu imajiner saja memang mudah tetapi harus memperhatikan estetika, kecantikan bangunan nanti di sekitar itu, jangan sampai jadi malah tambah semrawut. Kalau hanya sekedar menurunkan [at grade] lalu menaikkan [elevated] lagi ya [desain] selesai kemarin tetapi kan tidak hanya itu harus memperhatikan banyak hal termasuk bagaimana karakter Jogja, karena bangunan ini tidak hanya untuk setahun dua tahun saja," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement