Sempurnakan Pembangunan Pasar Legundi, Pemkab Siapkan Anggaran Rp1,5 Miliar

Salah seorang pedagang melintas di lokasi gedung baru Pasar Legundi di Desa Girimulyo, Kecamatan Panggang, Senin (29/4/2019). - Harian Jogja/David Kurniawan
15 Januari 2020 15:12 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul mengalokasikan anggaran Rp1,5 miliar untuk penyempurnaan Pasar Legundi di Desa Girimulyo, Kecamatan Panggang. Dana ini digunakan untuk pembangunan kios dan los pasar, tempat parkir hingga pos satpam.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul, Ari Setiawan, mengatakan pembangunan Pasar Legundi sudah dilakukan di 2018. Untuk merevitalisasi pasar, Pemkab mendapatkan anggaran Tugas Pembantuan (TP) dari Kementerian Perdagangan Rp6 miliar.

Menurut Ari, meski sudah dibangun dan telah beroperasi, Pasar Legundi masih butuh penyempurnaan. Tahun ini Pemkab mengalokasikan anggaran untuk penyempurnaan. “Total anggaran yang disediakan untuk Pasar Legundi mencapai Rp1,5 miliar,” kata Ari kepada Harian Jogja, Rabu (15/1/2019).

Dia menjelaskan pagu anggaran yang disediakan bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp286 miliar dan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp1,3 miliar. Rencananya anggaran ini digunakan untuk pematangan lahan, pembuatan kios dan los baru, tempat parkir hingga pos satpam. “Kami sudah melakukan survei sebagai langkah awal untuk pembangunan Pasar Legundi tahap kedua,” katanya.

Ari menuturkan upaya penyempurnaan pasar tidak lepas dari lokasi pasar yang berada di kawasan strategis karena berada di dekat Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Diharapkan dengan penyempurnaan ini maka potensi pasar ini dapat dimaksimalkan. “Pasar legundi buka tiap hari, tetapi paling ramai saat pasaran Wage [penanggalan jawa]. Harapannya dengan penyempurnaan, maka setiap hari pasar terus ramai,” katanya.