PILKADA BANTUL: Suharsono Lirik Totok Sudarto Jadi Wakilnya

Totok Sudarto. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin
22 Januari 2020 18:27 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Bakal calon bupati Bantul Suharsono tengah mempertimbangkan Totok Sudarto sebagai salah satu bakal calon pendampingnya dalam Pilkada Bantul 2020 ini. Bahkan jika tidak menjadi bakal calon wakilnya, Suharsono mengklaim Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bantul tersebut siap menjadi tim suksesnya.

“Pak Totok sendiri ingin dampingi. Andai kata Pak Totok tidak terpilih beliau juga siap menjadi tim sukses saya,” kata Suharsono saat ditemui seusai menghadiri silaturahmi calon jemaah haji di Masjid Agung Bantul, Rabu (22/1/2020).

Suharsono mengatakan Totok Sudarto menjadi bakal calon kelima yang siap mendampinginya. Selain itu ada empat nama bakal calon wakil lainnya yang sudah siap mendampingi dan sudah mengikuti proses penjaringan melalui Gerindra. Mereka adalah Mahmud Ardi Widanto, Setiya, Dewata Eka Putra, dan Nur Rakhmat Juli Purwanto.

Masing-masing bakal calon pendampingnya tersebut diakui Suharsono memiliki kekurangan dan kelebihan yang tidak ingin ia sampaikan. Saat ini pihaknya masih menampung dan menimbang-nimbang dan baru akan megambil keputusan pada April mendatang. “Walaupun [Totok Sudarto] tak dipilih siap jadi tim sukses membantu menyejahteraan rakyat, sama dengan saya,” ujar Suharsono.

Totok Sudarto merupakan pengurus Muhammadiyah Bantul. Selain itu, mantan Asisten Sekda Bidang Kesehahteraan Bantul ini juga kini menjabat sebagai tenaga ahli bidang kesejahteraan rakyat dibawah kepemimpinan Suharsono. Totok Sudarto juga menjabat sebagai ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Bantul dan ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka.

Totok mengakui saat ini yang paling intens berkomunikasi soal pilkada dengan dirinya adalah Suharsono. Bahkan dia mengaku diminta untuk mendaftar dalam penjaringan bakal calon yang digelar partai politik. Ia pun siap mengikuti proses tersebut, salah satunya melalui Golkar yang akan membuka penjaringan pada akhir bulan ini.

Totok juga memastikan kesiapan masuk dalam bursa pilkada dan siap mengerahkan kemampuan dan sumber daya yang dia miliki, termasuk mengerahkan suara Muhammadiyah. Mesk Muhammadiyah tidak berpihak kemanapun dalam urusan politik praktis, “Tetapi kalau kadernya maju pasti didukung. Mosok kadernya maju tetapi tidak dipilih kan tidak mungkin toh” kata dia, Rabu.

Sekretaris DPC Gerindra Bantul, Darwinto mengatakan nama Totok Sudarto menjadi salah satu bakal calon pendamping Suharsono. Namun karena belum ikut penjaringan di Gerindra, dia meminta Totok ikut dalam penjaringan bakal calon di gerindra tingkat DIY yang akan dibuka pada Februari-Maret.