Advertisement

Mensos Juliari Ingin Bantuan Warga Miskin Tak Lagi Pakai Kartu, tapi Lewat Smartphone

Ujang Hasanudin
Jum'at, 24 Januari 2020 - 00:47 WIB
Nina Atmasari
Mensos Juliari Ingin Bantuan Warga Miskin Tak Lagi Pakai Kartu, tapi Lewat Smartphone Ilustrasi BPNT. - Bisnis Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-- Menteri Sosial RI, Juliari P. Batubara menginginkan agar warga miskin yang mengakses bantuan lebih dipermudah dengan kemajuan teknologi. Saat ini bantuan sembako misalnya yang dulunya diberikan langsung sekarang sudah melalui kartu dan ke depannya perlu terus diperbaharui motodenya.

“Saya pengen kalau perlu BPNT ini nanti enggak usah pakai kartu lagi, cukup di smartphone, seperti cukup pakai barcode. Agar kalau kartu ketinggalan tidak bingung, karena orang-orang sekarang selalu bawa smartphone,” kata Juliarti saat menyampaikan pengarahan kepada 70 pegawai Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (B2P3KS) DIY di Kasihan, Bantul, Kamis (23/1/2020).

Advertisement

Menurut Juliarti kemajuan teknologi semakin canggih, maka perlu juga dimanfaatkan dalam penyaluran bantuan untuk warga miskin. Selain penyaluran melalui telepon pintar, ke depan, kata dia, bisa juga tidak lagi harus melalui e-warung seperti yang masih dilakukan saat ini, namun bisa melalui aplikasi semacam gofood sehingga memudahkan masyarakat dengan teknologi.

Salah satu peran B2P3KS adalah melakukan penelitian tentang bantuan dan penyalurannya. Ia berharap B2P3KS benar-benar bisa memproduksi produk-produk penelitian dan pengembangan yang aplikatif dan efektif.

Mensos menambahkan bahwa bantuan pangan non tunai atau BPNT dan bantuan program kelarga harapan (PKH) akan tetap dipertahankan meski menterinya berganti.

Kedua program tersebut dinilainya cukup efektif dalam upaya pengentasan kemiskinan. Bahkan dua jenis bantuan tersebut akan dimasukkan dalam undang-undang perlindungan dan bantuan sosial untuk menjamin keberlanjutan yang sedang disusun drafnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral! Istri Siri Polisi Curhat Alami KDRT, Kompolnas Surati Kapolda Kepri

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement