Advertisement

30 Hektare Cabai Lahan Pasir Bantul Terserang Patek, Ini Kata Pemkab Bantul

Ujang Hasanudin
Selasa, 28 Januari 2020 - 23:57 WIB
Arief Junianto
30 Hektare Cabai Lahan Pasir Bantul Terserang Patek, Ini Kata Pemkab Bantul Seorang petani di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, menunjukkan tanaman cabai miliknya yang mengering akibat serangan penyakit patek, Selasa (28/1/2020). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Nyaris semua tanaman cabai yang ada di wilayah pesisir selatan Bantul saat ini terserang penyakit patek atau Antraknosa. Para petani pun terpaksa mencabuti tanaman cabai dan membuangnya serta menggantinya dengan jenis tanaman lain.

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan (DP2KP) Bantul, Imawan Ekohandriyanto mengatakan saat ini umumnya petani memang tidak menanam cabai. Sebagian besar petani sudah menanam padi karena ketersediaan air cukup. Petani yang menanam cabai di musim hujan ini ia anggap di luar musim atau off-season.

Advertisement

“Biasanya cabai ditanam di musim kemarau April hingga September. Kalau ditanam di luar musim memang resikonya banyak, resiko diserang hama dan penyakit. Hama yang menyerang misalnya lalat buah dan kutu kebul berwarna putih,” kata Imawan, Selasa (28/1/2020).

Wakil Ketua Gapoktan Manunggal Gadingsari, Sunardi mengatakan penyakit patek yang menyerang tanaman cabai sebenarnya sudah terjadi sejak awal Januari lalu atau sejak musim hujan, namun akhir-akhir ini penyakit yang ditandai dengan bintik-bintik jamur di bagian buah cabai kemudian membusuk itu mulai meluas.

“Penyakit patek sebenarnya bukan hanya menyerang tanaman cabai tapi semua tanaman. Kalau yang menyerang tanaman cabai ada sekitar 30 hektare [ha] di lahan pasir,” kata Sunardi,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement