Advertisement

Belum Ada Keputusan dari Pusat, Desain Tol Jogja di Ring Road Monjali Bisa Berubah

Abdul Hamied Razak
Selasa, 28 Januari 2020 - 20:17 WIB
Bhekti Suryani
Belum Ada Keputusan dari Pusat, Desain Tol Jogja di Ring Road Monjali Bisa Berubah Ilustrasi jalan tol. - JIBI/M. Ferri Setiawan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Proses desain perubahan jalan tol di sekitar persimpangan Monjali sudah selesai dirancang. Dalam waktu dekat desain tersebut akan diajukan ke Gubernur DIY.

Staf Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksana Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Tol Jogja-Solo Galih Alfandi menjelaskan proses desain perubahan untuk simpang Monjali sudah selesai dilakukan. Saat ini, desain tersebut sudah disampaikan ke Pusat.

Advertisement

Desain perubahan juga sudah diakomodasi oleh konsultan perencanaan. Meski begitu, luas area tanah terdampak pembangunan di area Monjali masih belum dihitung. "Tinggal menunggu persetujuan dari Pusat. Nantinya akan diajukan ke Gubernur DIY untuk mendapatkan persetujuan," katanya di sela-sela kegiatan sosialisasi rencana pembangunan jalan tol di Balai Desa Tirtoadi Kecamatan Mlati, Selasa (28/1/2020).

Hanya saja, kata Galih, sampai saat ini masih belum ada publikasi ataupun presentasi dari Pusat. Desain yang diajukan tersebut juga dimungkinkan berubah karena belum dipresentasikan dengan Pemda DIY. "Keputusan finalnya di Sultan. Bisa jadi nanti ada penyesuaian lagi. Mudah-mudahan cepat dibahas," harapnya.

Sebelumnya trase Tol Jogja-Solo yang melewati Ring Road Utara akan diubah. Semula, konstruksi tol di sepanjang Ring Road Utara akan dibuat elevated atau melayang. Namun, kini rencana itu berubah. Jalan tol akan dibangun di tanah atau at grade saat melewati sekitar simpang empat Monumen Jogja Kembali (Monjali). Alasan perubahan itu agar tol Jogja tak menabrak sumbu filosofi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement