UGM Tiga Besar Terbaik di Asia Tenggara

Peserta upacara menggunakan baju daerah dan tokoh pewayangan saat mengikuti upacara bendera peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI di Lapangan Balairung UGM, Sleman, Jumat (17/08). - Harian Jogja/ Gigih M. Hanafi
09 Februari 2020 21:47 WIB Rahmat Jiwandono & Arief Junianto Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—UGM menempati peringkat ketiga universitas terbaik di Asia Tenggara dalam pemeringkatan yang dirilis oleh 4ICU University Rankings. Peringkat UGM berada di bawah dua perguruan tinggi terkemuka di Singapura, National University of Singapore (NUS) yang menduduki peringkat pertama, dan Nanyang Technological University (NTU) yang berada di peringkat kedua.

Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM Widyawan mengatakan peringkat yang diperoleh menunjukkan popularitas UGM yang dilihat dari banyaknya jumlah kunjungan ke laman resmi UGM. Selain itu juga dilihar dari jumlah akses dari luar ke berbagai situs di bawah domain ugm.ac.id.

Pemeringkatan ini pula, kata dia, digunakan untuk membantu mahasiswa dan dosen memahami sejauh mana tingkat kepercayaan dan popularitas sebuah universitas di mata negara asing. “Daily page view ke seluruh domain ugm.ac.id mencapai angka 1,1 juta setiap harinya. Sedangkan daily visitor-nya mencapai 420.000 per hari,” ucap dia melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Minggu (9/2/2020).

Popularitas web UGM, diakui Widyawan tak semata-mata lantaran web itu dikembangkan dengan tampilan menarik dan navigasi yang memudahkan pengunjung, tetapi juga didukung oleh konten dan informasi yang berkualitas dan relevan serta bermanfaat. "Ditambah dengan dukungan infrastruktur yang memadai sehingga respons di web UGM bisa berjalan cepat. Hal ini dilakukan dengan terus meningkatkan kapasitas bandwith dari waktu ke waktu," paparnya.

Tahun lalu, imbuh dia, kapasitas bandwith terus ditambah hingga kini sudah menjadi delapan gigabita. Widyawan mengatakan dukungan infrastruktur teknologi informasi yang baik dan bandwith yang besar semakin mempermudah masyarakat umum untuk mengakses berbagai konten digital di UGM.

 Gold Winner

Tak hanya web yang mendapatkan apresiasi dari internasional, majalah yang dikelola oleh UGM, Kabar UGM, sukses meraih predikat Gold Winner The Best of University InHouse Magazine (InMA) yang dianugerahkan di ajang The 10th Indonesia Print Media Awards (IPMA) 2020 yang digelar di Hotel Mercure, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (7/2) malam.

Sekretaris Rektor UGM, Gugup Kismono mengatakan penghargaan ini merupakan kerja keras yang terus-menerus dilakukan oleh staf Hubungan Masyarakat (Humas) UGM. Capaian tersebut, kata dia, tidak lepas dari peran berbagai pihak, baik narasumber, penulis, mentor serta pimpinan universitas.

“[Penghargaan] Gold Winner ini tentu cukup membanggakan. Namun, perbaikan kualitas harus terus dilakukan untuk menghadapi tantangan ke depan yang lebih berat,” kata Gugup, Sabtu (8/2).

Salah satu juri InMA, Danu Kusworo menilai banyak hal yang mengejutkan pada kompetisi tahun ini. Namun, kualitas produk yang dihasilkan tetap terjaga. “Nantinya, bisa melibatkan lebih banyak karyawan internal dalam memproduksi majalah internal perusahaan,”katanya.