Tuai Polemik, Foto Blur Mahasiswi Pegiat Dakwah UGM Dihapus

Foto Pengurus Lembaga Dakwah UGM Perempuan Diblur (ist)
12 Februari 2020 13:07 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN - Postingan foto blur mahasiswi pengurus Jamaah Muslim Geografi (JMG) Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) menuai polemik. Namun akhirnya foto tersebut dihapus.

"Sampai sekarang, mereka sudah menindaklanjuti lebih bagus. Daripada itu membuat resah dan gundah, [foto blur] itu ditiadakan," ujar Dekan Fakultas Geografi UGM, Muh Aris Marfai saat berbincang dengan detikcom di kantornya, Sleman, Rabu (12/2/2020).

Aris menyampaikan, tidak ada maksud apapun dari pemburaman foto pegiat dakwah perempuan yang dilakukan oleh JMG. Menurutnya aktivitas perkuliahan tetap berjalan normal meskipun foto blur itu jadi perbincangan di media sosial.

"Sampai sekarang, sudah terlihat tidak ada hal yang meresahkan," ujar Aris.

Ia menyatakan, tidak ada aktivitas radikalisme yang berkaitan dengan keputusan foto perempuan di struktur organisasi JMG yang diblur.

"Saya mengetahui ini akan memunculkan interpretasi yang bermacam. Bahkan, ada yang mengaitkan dengan radikalisme. Namun, saya nyatakan dan saya garansi, tidak ada aktivitas sempit seperti itu di Fakultas Geografi," kata Aris.

Namun, dia menilai pengunggahan nama-nama pengurus tetap menjadi hak bagi JMG. "Iya, unggahan [foto blur] tersebut sudah jelas diturunkan. Untuk publish nama-nama pengurus lagi, itu hak mereka," tegas Aris.

Diberitakan sebelumnya, foto mahasiswi pengurus JMG UGM di akun Twitternya @JMG_UGM ramai dibicarakan di media sosial kemarin. Sebab dalam posting-an tersebut, foto mahasiswi yang menjadi pengurus JMG UGM disamarkan alias di-blur, sedangkan foto pengurus laki-laki tidak di-blur. Foto tersebut di-posting pada Selasa (11/2/2020).

Akun tersebut masih bisa diakses pada pagi hari tadi, Selasa (11/2/2020). Namun sejak siang kemarin, akun tersebut telah di-protect.

Pantauan detikcom, foto yang jadi kontroversi di media sosial itu merupakan foto susunan kepengurusan JMG UGM. Tertulis dalam keterangan foto yang di-posting, "Inilah susunan kepengurusan JMG 1441-1442 H."

Sumber : detik.com