Advertisement

Wow, UGM Jadi Kampus Terbaik se-Indonesia

Newswire
Selasa, 11 Februari 2020 - 03:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Wow, UGM Jadi Kampus Terbaik se-Indonesia Gerbang UGM. - Detikcom/

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menjadi kampus terbaik se-Indonesia versi 4 International College & University (4ICU) Rankings. UGM juga menempati peringkat ke-18 sebagai kampus terbaik se-Asia.

Mengutip detikcom yang melansir dari situs 4icu.org, Senin (10/2/2020), UGM menjadi kampus terbaik se-Indonesia. Peringkat kedua diisi Universitas Indonesia, disusul Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Diponegoro, dan Universitas Brawijaya.

Advertisement

Selain UGM ada juga beberapa kampus di wilayah Jogja yang masuk dalam 20 besar terbaik se-Indonesia. Di antaranya Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) peringkat ke-6, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) peringkat ke-15.

Peringkat versi ini diukur dari penilaian akreditasi sejumlah lembaga seperti Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi; Kementerian Agama, Republik Indonesia Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia. Kemudian menilai juga terkait program pendidikan empat tahun untuk sarjana atau pascasarjana, serta memberikan kursus-kursus terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, program studi jarak jauh.

Dalam situs 4ICU.org, UGM masuk dalam 20 besar peringkat kampus terbaik di Asia, yakni di posisi ke-18. Kemudian Univeritas Indonesia di peringkat ke-24, dan Universitas Pendidikan Indonesia di peringkat ke-29. Sementara Universitas Diponegoro di peringkat ke-59, dan Universitas Brawija di peringkat ke-66 se-Asia.

Untuk peringkat terbaik se-Asia jatuh pada Shanghai Jiao Tong University di China, disusul Fudan University di China, Guangxi University di China, King Saud University di Arab Saudi, dan National University of Singapore di Singapura. Sementara di tingkat Asia Tenggara, UGM ada di peringkat tiga besar terbaik setelah National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU).

Tahun ini, UGM masuk peringkat 200 besar kampus terbaik sedunia. Namun, UGM masuk peringkat ke-180 dari 200 terbaik di dunia.

Dalam pengukuran ini, 4ICU juga menambahkan parameter dari majestic SEO yaitu Trust Flow. Di edisi sebelumnya hanya menggunakan parameter reffering domain dari Mejestic SEO, selain Google pagerank dan Alexa Traffic Rank.

Perubahan metodologi tersebut menunjukkan bahwa pemeringkatan 4icu makin mempertimbangkan kualitas tautan dari website perguruan tinggi, atau tidak hanya mengukur jumlah tautan saja.

Berikut top 10 kampus terbaik di Indonesia versi 4ICU.org:

1. Universitas Gadjah Mada
2. Universitas Indonesia
3. Universitas Pendidikan Indonesia
4. Universitas Diponegoro
5. Universitas Brawijaya
6. Universitas Negeri Yogyakarta
7. Universitas Lampung
8. Universitas Airlangga
9. Institut Pertanian Bogor
10. Universitas Negeri Semarang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Detik.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement